get app
inews
Aa
Read Next : 9 Orang Terluka Akibat Serangan Zat Kimia di London

Pemimpin Monarki Inggris Terlama Kalahkan Ratu Victoria, Inilah Profil Ratu Elizabeth II

Jum'at, 09 September 2022 | 05:51 WIB
header img
Ratu Elizabeth II (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Profil Ratu Elizabeth II menjadi perhatian khalayak belakangan ini. Kondisi kesehatannya terus menurun sejak setahun lalu ditandai dengan dirawat di rumah sakit pada Oktober hingga mengembuskan napas terakhir pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral, Skotlandia. 

Perempuan 96 tahun itu merupakan pemimpin monarki terlama yang di Inggris. Ratu sempat memperingati ulang tahun ke-70 kenaikan takhta atau Platinum Jubilee. Acara itu digelar besar-besaran selama 4 hari pada 2-5 Juni lalu.

Ratu Elizabeth II lahir di 17th Saint Bruton, London, rumah kakek-nenek dari pihak ibu, pada 21 April 1926. Dia dibaptis pada 29 Mei pada tahun yang sama di kapel pribadi Istana Buckingham. Istri dari mendiang Pangeran Philip itu menjadi pewaris takhta kerajaan Inggris pada usia 10 tahun. Saat itu pamannya, Edward VIII, turun takhta pada 11 Desember 1936. Ayah sang Ratu, George VI, pun naik menjadi raja.

Ratu menikah dengan Pangeran Philip Mountbatten, seorang letnan Angkatan Laut yang juga seorang pangeran Yunani. Pernikahan berlangsung di Westminster Abbey, London, pada 20 November 1947.  Dari hasil pernikahan, pasangan itu dikaruniai empat anak, yakni Pangeran Charles (lahir 1948), Putri Anne (1950), Pangeran Andrew (1960), dan Pangeran Edward (1964). 

Dia naik takhta setelah sang ayah meninggal pada 6 Februari 1952. Saat itu Ratu berada di Kenya untuk menjalankan tugas kerajaan. Dia diberi mahkota pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey, penobatan pertama yang disiarkan langsung di televisi. Dia merayakan aksesi 70 tahun kenaikan takhta atau Platinum Jubilee pada 6 Februari 2022.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut