get app
inews
Aa Read Next : Ledakan di Sekitar Gedung KPK 1 Orang Tewas

Waduh ! Saat Salat Jumat, Bom Meledak di Luar Masjid. Ulama dan Pengawalnya Tewas.

Jum'at, 02 September 2022 | 21:17 WIB
header img
Bom meledak di luar masjid Kota Herat, Afghanistan, saat Salat Jumat, menewaskan ulama berpengaruh Taliban serta para pengawal dan penduduk sipil (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Ledakan kembali mengguncang Afghanistan, Jumat (2/9/2022). Bom meledak di luar masjid di Kota Herat menjelang Salat Jumat, menewaskan ulama pro-Taliban Mujib Rahman Ansari, pengawal, serta warga sipil. Otoritas belum mengungkap jumlah resmi korban tewas maupun luka dalam serangan itu. "Mujib Rahman Ansari, beberapa pengawal, dan warga sipil, tewas dalam perjalanan menuju masjid," kata juru bicara kepolisian Herat, Mahmood Rasoli, dikutip dari Reuters.

Sementara itu Al Jazeera, mengutip sumber pemerintahan, melaporkan sejauh ini 14 orang dinyatakan tewas. Juru Bicara Taliban Zabiullah Mujahid, dalam cuitan, menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Ansari seraya menegaskan akan menghukum pelaku dengan keras.

Ansari dalam beberapa kesempatan pidato membela Taliban, termasuk di hadapan ribuan ulama dan tokoh yang diselenggarakan kelompok itu pada akhir Juni lalu. Dia mengecam siapa pun yang menentang pemerintahan Afghanistan di bawah Taliban. Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. PBB menyuarakan keprihatinan soal meningkatnya serangan dan ledakan, termasuk di masjid-masjid, yang biasanya dilakukan cabang ISIS.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut