get app
inews
Aa Read Next : Tahu Restoran ala Jepang HokBen?Ternyata Pendirinya Asli Indonesia, Ini Kisahnya

Bukan Restoran Punya Orang Jepang, Hokben Ternyata Pemiliknya Asli Indonesia

Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:51 WIB
header img
Restoran Jepang Hokben ternyata asli Indonesia. Foto: Ist

Konsep awal dari restoran Hoka Hoka Bento adalah take away tanpa layanan makan di tempat. Namun seiring berjalannya waktu, konsep awal ini diganti dengan menyediakan kursi dan meja, sehingga pelanggan bisa makan di tempat. 

Hoka Hoka Bento membuka cabang pertama di Bandung pada 1990, yang kemudian ekspansi ke Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. 

Hendra memutuskan untuk tidak membuka waralaba atau franchise, sehingga seluruh gerai merupakan cabang asli dari Hoka Hoka Bento.  

Demi menjaga kualitas makanannya, dia memutuskan untuk mendirikan pabrik di sejumlah tempat seperti di Ciracas, Bogor, Yogyakarta hingga Surabaya.  

Pada 15 Oktober 2013, Hoka Hoka Bento secara resmi hadir dengan nama baru, HokBen. Pergantian brand, yang turut didasari saran para pelanggan ini, berupa pergantian nama yang lebih mudah diucapkan dan tampilan logo lebih segar dan bersahabat. 

Bisnisnya makin berkembang hingga membuka cabang di luar Pulau Jawa. Selain itu, pada Oktober 2020, HokBen memperkenalkan konsep gerai baru, yaitu HokBen Kitchen, yakni store yang hanya melayani pesanan dibawa pulang (take away) dan pesan antar (delivery).  

Saat ini, ada 26 HokBen Kitchen di Jabodetabek. Sementara gerainya mencapai ratusan di seluruh Indonesia. Pada Juni lalu, Hokben membuka gerai ke-300 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut