Logo Network
Network

Bukan Restoran Punya Orang Jepang, Hokben Ternyata Pemiliknya Asli Indonesia

Iksan Permana SP
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:51 WIB
Bukan Restoran Punya Orang Jepang, Hokben Ternyata Pemiliknya Asli Indonesia
Restoran Jepang Hokben ternyata asli Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Nama restoran Jepang Hokben atau Hoka Hoka Bento tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. HokBen menjadi pelopor restoran yang mengusung konsep Jepang di Indonesia. 

Restoran cepat saji ini, ternyata didirikan oleh orang asli Indonesia.  Di balik sukses HokBen adalah sosok Hendra Arifin

Hendra awalnya seorang karyawan di sebuah perusahaan, namun memutuskan berhenti kerja karena bertekad mendirikan perusahaan sendiri. 

Keputusannya untuk meninggalkan kenyamanan setelah 13 tahun bekerja di Astra Internasional ditentang oleh keluarga dekat. Rekan-rekannya di Astra juga ikut menyayangkan keputusannya tersebut.  

Setelah keluar dari perusahaan, Hendra memulai membangun bisnis kuliner. Dia terinspirasi dari kebiasaan orang kantoran di Jepang yang lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah. Bekal berbentuk nasi kotak yang disebut bento tersebut disantap ketika istirahat makan siang.  

Hendra pun mempelajari seluk-beluk makanan tersebut langsung ke Jepang. Pada akhirnya, dia juga membeli sistem dan izin penggunaan merek Hoka Hoka Bento di Jepang, meski restoran tersebut kini tak lagi ada di negeri sakura itu. Ini menjadi langkah awal dia mendirikan perusahaan. 

Hendra secara resmi mendirikan Hoka Hoka Bento di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran pertama hadir di Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Dia tertarik mengembangkan restoran cepat saji ala Jepang karena saat itu belum ada konsep tersebut di Indonesia.

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.