get app
inews
Aa Read Next : Ungkap Sindikat Narkotika Jaringan Fredy Pratama, Polri Sita 10,2 Ton Sabu

Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Waikabukak Tes Urine 36 Sipir dan 16 Napi

Sabtu, 13 November 2021 | 09:53 WIB
header img
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Waikabubak menggelar tes urine terhadap 36 sipir dan 16 napi, Jumat (12/11/2021).


SUMBA TENGAH,iNews.id - 
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Waikabubak menggelar tes urine terhadap 36 sipir dan 16 napi, Jumat (12/11/2021). Langkah ini untuk mencegah peredaran narkoba dalam lapas.

Tes urine ini dilaksanakan atas kerja sama Lapas Kelas IIB Waikabubak dan Puskesmas Uburiri. Kegiatannya berlangsung di Aula Lapas, Jumat (12/11/2021).

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Waikabubak Yusuf Gunawan mengatakan, tes urine terhadap puluhan petugas dan  WBP ini sengaja dilakukan guna mencegah terjadinya pengedaran narkoba di dalam lapas dan ini akan rutin kita laksanakan.


"Hari ini kita lakukan Tes urine  terhadap 36 orang petugas dan 16 orang WBP. Hal ini kita lakukan guna mencegah akan terjadinya pengedaran narkoba di dalam lapas kelas IIB Waikabubak ini dan dari semua yang  mengikutites hari ini di nyatkan negatif," ujar Yusuf Gunawan.


Menurutnya, pelaksanaan tes urine tersebut pihak lapas bekerja sama dengan Puskesmas setempat.


"Kegiatan tes urine ini dapat menjadi atensi dan peringatan bagi seluruh petugas untuk tidak terlibat baik sebagai pengguna maupun terlibat dalam peredaran gelap narkotika," katanya.


Kepala Kantor Kemenkumham NTT Marciana Jone ketika dikonfirmasi iNews mengatakan, kegiatan ini memang rutin dilaksanakan di semua Lapas atau Rutan. Hal ini sebagai perwujudan dukungan terhadap komitmen pemerintah pusat yang menyatakan perang terhadap narkoba. 


" Iya kegiatan ini sudah menjadi komitmen dan rutinitas kami, kegiatan ini juga sebagai bentuk perwujutan mendukung pemerintah pusat dalam perang terhadap narkoba," ujar Marciana.


Marcaiana juga menekankan jika dalam hasil pemeriksaan ternyata ada petugas yang dinyatakan positif maka tidak segan-segan saya akan mengambil tindakan tegas.


"Jika ada petugas yang kedapatan terlibat maka saya tidak akan segan - segan untuk mengambil tindakan tegas dan saya tidak akan tolerir siapapunk orangnya baik itu pimpinan maupun staf," ujarnya.


Kegiatan yang didampingi langsung Kepala Lapas kelas IIB Waikabubak ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan memakai masker.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut