get app
inews
Aa Read Next : Video Mesum Gadis 16 Tahun Dicekoki Obat Perangsang Lalu Disetubuhi dan Direkam Hebohkan Warga

Dihargai Miliaran Rupiah, Ini Manfaat Muntahan Ikan Paus

Selasa, 02 Agustus 2022 | 20:24 WIB
header img
Muntahan ikan paus atau ambergris bisa dijadikan obat dan makanan selain bahan campuran parfum (Foto: Viralpress)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa manfaat muntahan ikan paus yang membuat harganya selangit. Muntahan ikan paus sperma atau biasa disebut ambergris dijadikan sebagai campuran utama untuk produk parfum merek terkenal. Secara harfiah, ambergris adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa latin yaitu ambra dan grisea atau batu ambar berwarna abu-abu. Dilihat dari tampilannya, benda tersebut memang berwarna abu-abu kehitaman. Ambergris merupakan zat lilin berbentuk seperti bongkahan batu yang terbentuk dari sekresi saluran empedu di usus paus sperma. Biasanya bongkahan ini dimuntahkan paus pada kondisi tertentu. Proses pembentukannya memakan waktu bertahun-tahun. 

Para ahli masih memperdebatkan bagaimana paus sperma mengeluarkan ambergris, namun mayoritas berpandangan benda itu dimuntahkan dari mulut paus, selain bisa juga keluar melalui saluran pembuangan. Ambergris akan mengeras seperti batu setelah dikeluarkan. Pada banyak kasus, orang-orang menemukannya terdampar di pantai. Berikut beberapa manfaat muntahan ikan paus sperma atau Ambergris: 

1. Campuran Parfum

Keunggulan ambergris terletak pada aroma yang bisa bertahan lama. Produsen parfum merek kenamaan seperti Chanel membutuhkan ini untuk membuatnya wanginya tahan lama. Namun seiring waktu, ambergris tak mudah ditemukan lagi di samping adanya tentangan dari kelompok pemerhati satwa. Peran itu kini digantikan dengan produk sintetis.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut