get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Disuruh Guru Bakar Sampah, Siswa SMP di Samosir Malah Bakar Hutan

Gelombang Panas, 14.000 Orang Lebih Dievakuasi saat Kebakaran Hutan Mediterania Menyebar

Senin, 18 Juli 2022 | 08:41 WIB
header img
Kebakaran hutan Mediterania, 14.000 orang lebih dievakuasi (Foto: EPA)

"Kami hanya mengambil beberapa barang penting dan hanya berlari, dan pada tahap itu semua orang di sepanjang jalan sedang bergerak ... ada banyak ambulans dan mobil pemadam kebakaran,” terang Ellen McCurdy, yang tinggal di daerah Málaga, kepada Reuters.

Di seberang Mediterania - dari Maroko di barat hingga Kreta di timur - ribuan petugas pemadam kebakaran dan banyak pesawat pengebom air telah dikerahkan. Sejak Selasa (12/7/2022), seluruh wilayah telah terik dalam panas yang parah, meninggalkan tulang vegetasi kering.

Gelombang panas menjadi lebih sering, lebih intens, dan bertahan lebih lama karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Dunia telah menghangat sekitar 1,1C sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi karbon.

Layanan cuaca Prancis telah memperkirakan suhu hingga 41C (106F) di selatan negara itu pada Minggu (17/7/2022) dan rekor panas baru diperkirakan terjadi pada Senin (18/7/2022). Di Portugal, suhu baru-baru ini mencapai 47C.

Di Inggris ada peringatan kuning untuk panas yang ekstrem, karena negara itu bersiap untuk rekor suhu pada hari Senin dan Selasa, mungkin mencapai 41C di beberapa bagian.
Dr Eunice Lo, seorang ilmuwan iklim di Universitas Bristol, mengatakan kepada BBC bahwa 

"kenaikan suhu adalah tanda perubahan iklim" dan bahwa di Inggris, 2.000 kematian tambahan per tahun disebabkan oleh gelombang panas.

Dia mengatakan, catatan publik menunjukkan bahwa sejak 1884, 10 tahun terpanas di Inggris terjadi sejak 2002.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut