WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Besar-besaran, 2 Jam Masih Tak Bisa Diakses

Dile Payong
WhatsApp masih belum dapat diakses hingga dini hari ini. (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNews.id – WhatsApp, Instagram, dan Facebook mengalami down alias berhenti beroperasi sejak menjelang tengah malam tadi. Tiga aplikasi yang dijalankan pada infrastruktur bersama itu benar-benar berhenti berfungsi. 

Produk lain—yang juga menjadi bagian dari keluarga aplikasi yang sama—seperti Facebook Workplace, juga tak bisa digunakan. Kondisi itu terjadi dilaporkan terjadi di seluruh dunia. Pengunjung situs Facebook hanya melihat halaman berisi notifikasi kesalahan atau pesan bahwa browser mereka tidak dapat terhubung dengan server. 

Begitu juga, dengan aplikasi WhatsApp dan Instagram yang diakses lewat brower pun tak dapat terhubung ke server. Pemadaman Facebook relatif jarang terjadi. Akan tetapi, dampaknya cenderung besar, karena paling tidaknya dapat memengaruhi tiga aplikasi terbesar di dunia itu.

Pemadaman Facebook relatif jarang terjadi. Akan tetapi, dampaknya cenderung besar, karena paling tidaknya dapat memengaruhi tiga aplikasi terbesar di dunia itu. Seorang juru bicara perusahaan Facebook mengatakan, mereka meminta maaf atas masalah tersebut. Namun, pihaknya tidak memberikan penjelasan perinci ihwal penyebab pemadaman aplikasi tersebut. Facebook juga tidak menerangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” kata Juru Bicara Facebook, Andy Stone, di Twitter.  

“Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.

Instagram juga membagikan penjelasan serupa. “Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap!” kata pengelola platform berbagi foto dan video itu. 

WhatsApp juga menyampaikan hal yang sama melalui akun Twitter resminya. 

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirim pembaruan ke sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!” Pantauan sampai pukul 01.29 WIB, ketiga aplikasi itu masih belum bisa diakses lewat browser. Sementara, aplikasi WhatsApp di ponsel juga belum menampilkan konten terbaru.

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network