Miris, 225 Orang Mati Kelaparan di Tigray Gegara Perang Saudara di Ethiopia

Susi Susanti, Evan Payong
Perang saudara di Ethiopia, 225 orang mati kelaparan di Tigray (Foto: AFP)

Ketika dugaan penjarahan bantuan pangan terungkap oleh program Pangan Dunia dan USAid pada musim semi lalu, mereka menghentikan bantuan ke Ethiopia selama berbulan-bulan hingga dilanjutkan dengan tingkat yang lebih hati-hati pada Desember tahun lalu. Hampir 1.500 orang dilaporkan meninggal karena kelaparan selama waktu tersebut di Tigray.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), saat ini diperkirakan 20 juta orang membutuhkan bantuan makanan di Ethiopia karena konflik, kekeringan, dan banjir.

Pada pertengahan 2024, Jaringan Sistem Peringatan Dini Kelaparan memperkirakan bahwa krisis pangan hampir akan menjadi keadaan darurat nasional.

Saat ini krisis pangan berdampak pada wilayah utara Amhara yang sedang berperang, sebagian wilayah selatan Ethiopia, dan Tigray.

Analis Alex de Waal mengatakan banyak faktor yang membuat situasi di Tigray sangat buruk.

"Negara ini belum pulih dari perang - perampasan dan penghancuran aset yang mengerikan, perpindahan massal, kegagalan membayar gaji, kehancuran lapangan kerja. Dan yang lebih penting lagi, terjadi kekeringan yang parah," katanya kepada BBC Newsday.

Dia setuju bahwa krisis pangan di Ethiopia bisa menjadi lebih buruk atau lebih buruk dibandingkan 40 tahun yang lalu, dan memperingatkan bahwa kita bisa melihat setengah juta orang atau lebih meninggal karena kelaparan di tahun mendatang jika tidak ada tindakan segera.

Editor : Stefanus Dile Payong

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network