Astaga, Akibat Gagal Ginjal Akut, 8 Anak-anak Dilarikan ke RSCM Jakarta

Dimas Choirul
Dokter merawat pasien anak penderita gagal ginjal akut di ruang Pediatrik Intensive Care Unit (PICU) Rumah Sakit, Jumat (21/10/2022). Foto: Dok/SINDOnews


JAKARTA, iNewsBelu.id  - Mengalami gagal ginjal  akut progresif atipikal l/acute kidney injury (AKI) delapan pasien di Jakarta Barat saat ini telah dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ( RSCM ). Hingga kini, pasien tersebut masih menjalani perawatan. 

"RS rujukan gagal ginjal anak saat ini di RSCM," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Erizon Safari kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).

Diketahui, delapan pasien tersebut berasal dari wilayah Cengkareng lima orang, Kebon Jeruk dua orang dan Kembangan satu orang. Mereka rata-rata berusia di bawah lima tahun. 

Erizon mengatakan, gejala awal yang dialami sejumlah pasien tersebut yakni mengeluh tidak bisa buang air kecil dan demam. Meski demikian, dirinya belum mengetahui pasti terkait apa saja faktor penyebab munculnya penyakit misterius tersebut.

"Belum bisa dibuktikan (kalau dari obat sirup) kalau karena belajar dari negara lain memang disinyalir karena pelarut obat-obatan tersebut. Sedangkan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) masih belum memberikan statement dan kita masih menunggu hasil (penelitian) dari BPOM," tuturnya. 
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network