Sepak terjangnya Eurico Guterres Pejuang Timor Leste yang Pro Indonesia Menerima Bintang Jasa Utama

Amy Heppy S
Eurico Guterres, Pejuang Timor Leste yang Pro Indonesia. Eurico Guterres saat berfoto bersama dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa)

JAKARTA, iNewsBelu.id -  Menjadi tokoh pejuang yang menolak Timor Leste yang dulunya bernama Timor  Timur  . Eurico Guterres  mantan pejuang Timor Leste yang pro Indonesia.  Pada 12 Agustus 2021menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo. Lantas, siapa sosok Eurico Guterres sebenarnya? Bagaimana sepak terjangnya? 

Berikut ini iNews.id telah merangkum informasi seputar Euroco Guterres, pejuang Timor Leste yang pro Indonesia.

Eurico Guterres, Pejuang Timor Leste yang Pro Indonesia 

Eurico Barros Guterres atau yang dikenal sebagai Eurico Guterres lahir di Waitame, Timor Timur (sekarang Timor Leste) pada 4 Juli 1969. Eurico dikenal sebagai salah satu tokoh yang mendukung Timor Timur tetap menjadi bagian dari Indonesia saat itu, meski mayoritas masyarakat di sana memilih berpisah dari NKRI.

Eurico yang pernah menjadi Wakil Panglima Pejuang Pro Indonesia tersebut kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia setelah Timor Timur merdeka. Pada saat Timor Timur bergejolak pada 1999, Eurico Guterres kala itu merupakan Komandan Milisi Pro Integrasi Aitarak-Dili. Ia pun dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Ad Hoc HAM pada  November 2002.

Melansir MNC Portal Indonesia, Eurico kemudian divonis 10 tahun penjara karena dianggap bertanggung jawab atas kasus pelanggaran HAM berat.  Dirinya dinyatakan terlibat dalam serangan milisi Aitarak terhadap pemimpin dalam gerakan kemerdekaan Timor Timur. Sebanyak 12 orang dinyatakan tewas dalam peristiwa tersebut.

Kemudian berdasarkan laporan Komisi Pengakuan, Kebenaran, dan Rekonsiliasi (CAVR) Timor Leste, Eurico juga disebut terlibat dalam pembantaian di gereja di Liquica, Timor Timur pada 6 April 1999. Eurico Guterres mendekam di penjara sejak Mei 2006. Ia sebenarnya sempat melakukan upaya banding, namun gagal. 

Meski begitu, Mahkamah Agung mengabulkan permohonan peninjauan kembali Eurico Guterres hingga ia akhirnya bebas pada 2008. Setelah bebas, Eurico Guterres menjadi Ketua DPP Uni Timor Aswain (UNTAS) yang merupakan organisasi yang memayungi warga eks Timor Timur. Eurico mengemban jabatan ini selama beberapa tahun sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2019 lalu. 

Tahun berikutnya, ia bersama belasan ribu eks pejuang Timor Timur mendapatkan penghargaan Patriot Bela Negara dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Puncaknya adalah saat ia menerima tanda jasa bersama tiga ratusan orang dari Presiden Jokowi pada 12 Agustus 2021 sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Itulah profil singkat Eurico Guterres, pejuang Timor Leste yang pro Indonesia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Eurico Guterres, Pejuang Timor Leste yang Pro Indonesia Penerima Bintang Jasa Utama  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/eurico-guterres-pejuang-timor-leste-yang-pro-indonesia-penerima-bintang-jasa-utama/2.


 

Editor : Stefanus Dile Payong

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network