get app
inews
Aa Read Next : Dilarang Naik ke Kapal Brimob Keroyok Anggota POMAL, ini Kronologi Bentrok Brimob vs TNI AL di Papua

TNI AL Latihan Perang Bersama Turki dan Yunani di Laut Mediterania

Rabu, 08 Juni 2022 | 10:34 WIB
header img
BNN Provinsi Kalimantan Barat, bekerjasama dengan Ditreskoba Polda Kalbar dan bea cukai, berhasil menggagalkan penyelundupan 31 kg sabu dari Malaysia. Foto/iNews TV/Uun Yuniar

JAKARTA, iNews.id - TNI AL menggelar latihan perang bersama Angkatan Laut Turki dan Yunani di Laut Mediterania, Lebanon, Senin (6/6/2022). Kapal Perang Indonesia Sultan Iskandar Muda (KRI SIM-367) memimpin latihan peperangan Defense Exercises 322 (ADEX322) tersebut.  

Dua kapal perang yang ikut latihan tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) UNIFIL, yakni Kapal Perang Turki TCG YAVUZ (YAV) dan Kapal Perang Yunani HS NIKIFOROS FOKAS (NIF). 

Rangkaian latihan diawali dengan helikopter AS 565 MBE Panther yang on board di KRI SIM-367 take-off dari atas geladak heli. Dalam latihan ini helikopter Panther dengan sebutan Garuda bertindak sebagai helikopter musuh yang terbang rendah.  Selanjutnya Garuda mendapatkan tugas untuk melaksanakan skenario profil serangan terhadap konvoi sebanyak dua kali. 

Serangan tersebut direspons oleh KRI SIM-367 dengan mengisyaratkan pembentukan tabir sektor kepada dua kapal perang lainnya. Hal itu bertujuan untuk melakukan aksi pertahanan udara. Dansatgas MTF XXVIII-M/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris menyebut, tujuan dari latihan bersama yang dilaksanakan secara periodik oleh seluruh kapal perang UNIFIL Maritime Task Force (MTF) ini guna menguji respons serta kesiapan unsur-unsur dalam melaksanakan pertahanan menghadapi bahaya ancaman udara. 

"Suatu kehormatan untuk KRI SIM-367 didaulat sebagai pemimpin serial latihan dan bertindak selaku High Value Unit sekaligus sebagai Anti Air Warfare Commander," kata Haris dalam keterangannya, dikutip Rabu (8/6/2022). 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut