get app
inews
Aa Read Next : Kecewa pada Pemerintah, Massa Buruh Bakar Spanduk Bergambar Jokowi

Tidak Hadir Dalam Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dihadiri Jokowi Begini Alasan Megawati

Rabu, 01 Juni 2022 | 19:39 WIB
header img
Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri (tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menjelaskan kenapa dirinya tidak menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan pemerintah di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mega mengaku harus menghadiri sebuah seminar yang dirasa penting hari ini.  

Hal itu dikatakan Megawati saat menjadi pembicara dalam webinar Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), Rabu (1/6/2022). 

"Saya pamit (tidak hadiri acara pemerintah), kenapa? Karena (seminar) ini saya anggap penting loh," ujar Megawati. Mega mengaku sempat mendapat banyak pertanyaan mengapa dirinya tidak hadir dalam acara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo tersebut. Dia mengaku sudah berbagi tugas dengan jajaran pengurus BPIP lain untuk ikut dalam kegiatan upacara tersebut. 

"Ya biasa toh wartawan jahil, ya saya bilang karena bagi tugas. Di sana ada pengurus BPIP," katanya.  

Dia menilai seminar FRPKB juga penting. Di seminar ini, Mega mengaku bisa memberi wejangan kepada kalangan akademisi agar dapat mewariskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. "Saya merasa saya akan bertemu para rektor yang akan mengintrodusir, karena rektorlah memutuskan kurikulum begini, kurikulum begitu," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjadi inspektur dan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6/2022). "Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila," ujar Jokowi.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut