get app
inews
Aa Read Next : Unik! Pace-Pace di Distrik Sota Papua Ukur Tinggi Badan saat Posyandu, Demi Kesehatan

Dimarahi Gara-Gara Ini, Presiden Soeharto Pernah Ditampar Pendiri Kopassus

Senin, 30 Mei 2022 | 06:52 WIB
header img
Soeharto mendapatkan ketegasan dari pendidikan keras militer yang dia jalani saat masih muda. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Soeharto terkenal dengan ketegasannya dalam memimpin yang membuat masyarakat kagum akan sosoknya. Semua itu didapatkan dari pendidikan militer yang sangat keras di masa muda. 

Sebagai prajurit, Soeharto muda juga menerima hukuman dari atasannya, bahkan pernah ditampar oleh Kolonel Alex Kawilarang yang merupakan salah satu pendiri satuan elite TNI AD yaitu Kopassus. Kisah penamparan Soeharto oleh Kolonel Inf (Purn) Alex Evert Kawilarang ini diungkap dalam buku 'Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics 1975-1983' tulisan David Jenkins (1984).

Kolonel Kawilarang merupakan sosok yang sangat berjasa bagi TNI. Dia berperan dalam pengembangan pasukan elite yang saat ini dikenal dengan Kopassus. 

Alex sempat mengikuti pendidikan sebagai perwira di Koninklijk Militarei Academie (KMA) Bandung.

 Setelah itu ia dipercaya menjadi perwira Koninklijke Nederlands Indische Leger (KNIL) pada 1942. Sang perwira kemudian bergabung dengan TNI pada 1945 dan memiliki karier yang cukup cemerlang.

Pada 15 April 1950, Kawilarang diangkat menjadi Panglima Operasi Pasukan Ekspedisi. Prajurit kelahiran 23 Februari 1920 ini ditugaskan menumpas pemberontakan dari mantan pasukan KNIL, termasuk Andi Azis di Ujungpandang (saat ini Makassar) yang ingin mempertahankan negara Indonesia Timur.

Pada waktu bersamaan, Kawilarang juga mengonsolidasikan kekuatan melawan pemberontakan Kahar Muzakar dan gerakan separatis Republik Maluku Selatan (RMS). Meski berhasil menumpas para pemberontak tapi Kawilarang kehilangan salah satu komandan pasukannya, Kolonel Slamet Riyadi. Slamet Riyadi ini merupakan teman diskusi Kawilarang dalam rencana pembentukan pasukan elite.

Ketika menjabat sebagai Panglima Komando Tentara dan Teritorium VII/Indonesia Timur, Kawilarang baru saja melapor kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman. Namun Soekarno menunjukkan sebuah radiogram yang baru saja diterima di mana laporan menyatakan pasukan KNIL Belanda sudah memasuki Makassar.

Pada saat mendengar radiogram tersebut Kawilarang marah besar dan kembali lagi ke Makassar. Setibanya di Lapangan Udara Mandai, Kawilarang langsung memarahi Komandan Brigade Mataram Letkol Soeharto sambil menamparnya.

"Sirkus apa-apaan ini?" ujar Kolonel Alex Kawilarang sambil menampar Letkol Soeharto.

Reaksi Soeharto pada saat itu hanya bisa menahan rasa sakit sambil bersungut-sungut karena kelalaiannya dalam menjalankan tugas. Namun dalam sebuah wawancara, Kawilarang membantah menampar Soeharto, tapi hanya menegurnya. 

Menurut Kawilarang, Letkol Soeharto lah yang menampar Letnan Parman. Waktu itu Soeharto berencana menyelundupkan beberapa mobil hasil rampasan, tetapi usaha tersebut gagal karena diketahui oleh Letnan Parman yang bertanggung jawab atas keamanan pelabuhan Makassar.

Letnan Parman kemudian mencegahnya, tetapi alih-alih merasa bersalah Soeharto langsung marah dan menamparnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut