5 Tempat Ibadah di Atambua Belu, Ada Gereja hingga Masjid

Aulia Putri Nurlaili
.
Kamis, 30 September 2021 | 12:27 WIB
Tempat ibadah di Belu. (Ist)

ATAMBUA , iNews.id - 5 Tempat Ibadah di Atambua Kabupaten Belu, NTT. Terkenal akan keindahan alam serta terdapat beberapa wisata kuliner yang sangat unik.

Keberagaman suku adat budaya Atambua Belu sering menjadi sorotan wisatawan. Perbedaan agama serta ras tak memecahkan kerukunan antarmasyarakat yang ada di Atambua Belu. 

Dengan adanya beberapa agama yang ada di Atambua sikap saling toleransi sangat kuat. Terdapat beberapa tempat ibadah yang ada di Atambua

Berikut 5 Tempat Ibadah di Atambua Barat Belu yang bisa kalian kunjungi ke Atambua yang dirangkum iNews, Kamis (30/9/2021)

1. Gereja Polycarpus Atambua


Tempat ibadah di Belu. (Ist)

Tempat Ibadah di Atambua Belu yang pertama yakni Gereja Polycarpus Atambua. Gereja ini terletak di Jalan Soekarno Hatta, Atambua, Kabupaten Belu, NTT.

Gereja  yang berada di Belu, letaknya sangat strategis berada di pusat Kota Atambua. Gereja Polycarpus merupakan gereja protestan yang memiliki bangunan indah serta jumlah jemaat mencapai ribuan orang. Masyarakat yang menganut agama Protestan biasanya ibadah serta berdoa di Gereja Polycarpus Atambua. Terdapat 3 kali kebaktian mulai dari jam 06:00 Pagi, 08:30 Pagi dan 17:00 Sore

2. Gereja Katolik St Maria Bunda Penebus Fatuketi


Tempat ibadah di Belu. (Ist)

Yang kedua dari salah satu 5 Tempat Ibadah di Atambua kab  Belu adalah Gereja Katolik St Maria Bunda Penebus Fatuketi. Sebagian mayoritas penduduk Atambua adalah Katolik. Gereja ini berlokasi di Umanen, Atambua , Kabupaten Belu, NTT.

Pada tahun 1974 mencetuskan ide pembangunan stasi fatuketi oleh beberapa imam/ pastor. Terdapat beberapa sekolah yang berada di wilayah St Maria Bunda Penebus seperti taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP hingga SMA.

3. Biara St Fransiskus Asisi Atambua

Selanjunya ada 5 Tempat Ibadah di Atambua Belu adalah Biara St Fransiskus Asisi Atambua. Berada di Jalan Nela Raya 17, Lalian Tolu, Atambua. Pada tanggal 25 Mei 1936 Keuskupan Atambua mulai dirikan Vikariat Apostolik Timor Olandese.

Lalu pada tahun 1967 dimekarkan menjadi dua keuskupan yaitu keuskupan Atambua serta Kupang. Jemaat yang sebagian mayoritas katolik ini memiliki luas gereja 5177km

4. Masjid Al-Muhajirin

Lalu ada 5 Tempat Ibadah di Atambua kab Belu salah satunya Masjid Al-Muhajirin. Selain Katolik dan Protestan terdapat tempat ibadah umat Islam.

Berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Manuaman, Atambua, Belu, NTT. Masji ini dibangun sejak tahun 1993 memiliki luas 204 meter persegi serta luas bangunan 450 meter dan jumlah jemaah lebih dari 200 orang. Toleransi yang sangat beragam di Atambua sangat baik

5. Masjid Hidayatullah Atambua


Tempat ibadah di Belu. (Ist)

5 Tempat Ibadah di Atambua  Belu terakhir adalah Masjid Hidayatullah. Berada di Jalan RA Kartini Pasar Baru Atambua Belu,NTT. Masyarakat umat muslim sering berku jung ke Masjid Hidayatullah. Bangunannya yang sangat indah. Dibangun sejak tahun 1983 serta memiliki luas tanah 437m. sama seperti pada masjid umumnya, sering dipakai untuk pelaksaan solat idul fitri. Jemaah masjid yang cuku ramah membuat pengunjung baru yang datang tampak saling berkomunikasi.
 
Itulah dia deretan 5 Tempat Ibadah di Atambua  Belu yang bisa menjadi referensi ketika ingin beribadah di Atambua .

Editor : Donald
Bagikan Artikel Ini