get app
inews
Aa Read Next : 200 Kg Beras Ilegal Merek Beruang Merah Asal Timor Leste Berhasil Digagalkan Aparat TNI di TTU

Raih 62 Persen Suara, Ramos-Horta Menang dalam Pilpres Timor Leste

Kamis, 21 April 2022 | 11:46 WIB
header img
Pemimpin kemerdekaan dan peraih Nobel, Jose Ramos-Horta menang pilpres Timor Leste. (Foto: Reuters)

DILI, iNews.id - Pemimpin kemerdekaan dan peraih Nobel, Jose Ramos-Horta telah menyatakan kemenangan dalam pemilihan presiden Timor Leste. Selanjutnya dia berjanji akan bekerja mendorong dialog dan persatuan. 

Data dari badan administrasi pemilihan negara (STAE) dengan semua suara dihitung menunjukkan Ramos-Horta mendapatkan suara kemenangan 62 persen dalam pilpres Selasa (19/4/2022). Sementara lawannya, presiden petahana Francisco "Lu Olo" Guterres memperoleh 37 persen.

"Saya telah menerima mandat ini dari rakyat kami, dari negara dalam demonstrasi besar-besaran atas komitmen rakyat terhadap demokrasi," kata Ramos-Horta kepada wartawan di Dili. Negarawan 72 tahun itu merupakan salah satu tokoh politik paling terkenal di Timor Lorosa'e. Sebelumnya, dia menjabat sebagai presiden dari 2007-2012. Dia juga pernah mengemban jabatan perdana menteri dan menteri luar negeri sebelum itu.

Mengatasi kekhawatiran atas ketidakstabilan politik di negara itu, Ramos-Horta mengaku akan bekerja untuk menghilangkan perpecahan di Timor Timur yang juga dikenal sebagai Timor Leste.

"Saya akan melakukan apa yang selalu saya lakukan sepanjang hidup saya. Saya akan selalu melakukan dialog, dengan sabar, tanpa henti, untuk menemukan titik temu untuk menemukan solusi atas tantangan yang dihadapi negara ini," katanya. 

Ramos-Horta mengatakan, dia belum berbicara dengan saingannya dalam pemilihan, Lu Olo. Namun dia telah menerima undangan dari kantor presiden untuk membahas penyerahan kekuasaan.

Rumah bagi 1,3 juta orang, negara dengan mayoritas Katolik Roma di Timor Timur telah bertahun-tahun bergulat dengan serangan ketidakstabilan politik dan tantangan diversifikasi ekonomi yang sebagian besar bergantung pada minyak dan gas. Ramos-Horta mengharapkan Timor Lorosa'e menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam tahun ini atau paling lambat tahun depan. Timor Leste saat ini menyandang status pengamat di ASEAN.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut