get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Longsor di Kabupaten Ende Ibu dan Anak Tertimbun, 1 Orang Tewas

Selamatkan 1 Desa di NTT dari Siklon Tropis Seroja, Pak Dewa Diganjar Penghargaan oleh BMKG

Jum'at, 30 Juli 2021 | 07:10 WIB
header img
Muhammad Mansur Dokeng atau akrab disapa Pak Dewa mendapat penghargaan dari BMKG karena menyelamatkan warga satu desanya dari Siklon Tropis Seroja di NTT. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penghargaan kepada Muhammad Mansur Dokeng sebagai sosok yang inspiratif bersama BMKG menyelamatkan bangsa. Hal itu dilakukan pada peringatan Hari Ulang Tahun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG) ke-74.

Muhammad Mansur Dokeng atau akrab disapa Pak Dewa merupakan sosok nelayan yang tinggal di desa Kampung Nelayan Oesapa, Kota Kupang, NTT. Dewa menyelamatkan ratusan warga di lingkungannya karena mampu membaca pesan berantai dalam grup Whatsapp. Pesan tersebut berisi grafis dan data mengenai perkembangan cuaca di Kupang yang secara drastis menjadi cuaca ekstrem hingga membentuk Siklon Seroja.

Badai yang dikenal dengan Siklon Tropis Seroja pada awal April 2021 mengamuk dan menerjang apapun yang dilalui sekaligus membawa angin dan banjir. Sebanyak 11 wilayah yang terdiri dari kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) terdampak banjir bandang serta longsor akibat cuaca ekstrem imbas dari bibit siklon dan Siklon Tropis Seroja.

Ada delapan daerah di Provinsi NTT dengan kondisi kerusakan terparah antara lain Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Malaka, dan Kabupaten Sabu Raijua.

Atas pemahaman Dewa dalam menginterpretasikan pesan prakiraan cuaca dari BMKG dalam grup aplikasi seluler, Dewa meminta dan meneruskan informasi tersebut kepada seluruh masyarakat agar segera mengungsi dan menyelamatkan diri karena badai besar akan datang.

Atas arahan dan informasi Dewa berdasarkan info dan data BMKG warga desanya segera berlindung dan sebanyak 120 keluarga selamat melalui badai tersebut. Meski dalam peristiwa tersebut empat orang dinyatakan meninggal sebab masih berada di tengah laut dan tidak mendapatkan pesan dari Dewa.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menilai Anugerah BMKG 2021 Kategori Tokoh Inspiratif pantas diberikan kepada Muhammad Mansur Dongkeng (Pak Dewa). Penghargaan ini diberikan kepadanya berkat aksi nyata Dewa dalam menyelamatkan jiwa sekitar 120 keluarga warga desa Oesapa NTT.

“Berbekal informasi dari BMKG, beliau memimpin evakuasi warga desa dari ancaman Siklon Tropis Seroja. Keteladanan Pak Dewa dalam hal sadar bencana terbukti bermanfaat. Kemampuan membaca data didapat Pak Dewa dari Sekolah Lapang Cuaca Nelayan BMKG. Kisah dari Pak Dewa dan Anugerah BMKG ini diharapkan menjadi inspirasi, motivasi bagi  kita agar sadar bencana untuk menuju Indonesia tangguh dan tumbuh,” kata Dwikorita di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Diketahui, Pak Dewa merupakan alumni sekolah lapang BMKG untuk Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN). Berkat pelatihan tersebut, Pak Dewa menjadi simbol keberhasilan dari apa yang diharapkan melalui pendidikan pembacaan grafis dan pemanfaatan data yang disajikan oleh BMKG dalam melihat kondisi cuaca.

“Saya tidak sempat selamatkan semua rekan, di antaranya harus meninggal di tengah laut karena tidak mendapatkan informasinya lebih dini,” kata Mohammad Mansur.

Meski kehilangan beberapa rekannya di laut, Dewa yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Angsa Laut telah menyelamatkan ratusan warga berkat peringatan dini melalui pesan seluler yang dia sebarkan kepada seluruh warga kalau cuaca buruk akan segera datang di wilayah pesisir tersebut.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut