get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hebat, Dokumen dan Alsintan Milik UPT Perbenihan dan Pertanian NTT Hangus Terbakar

Letusan Capai 400 Meter Gunung Api Ile Lewotolok Kembali Erupsi

Minggu, 21 April 2024 | 22:41 WIB
header img
Gunung Ile Lewotolok saat erupsi (foto: PVMBG)

JAKARTA, iNewsBelu.id  - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, erupsi yang terjadi di Gunung api Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (21/4/2024) sekitar pukul 17.02 WITA. Adapun kolom abu letusan teramati mencapai 400 meter di atas puncak.

"Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 400 m di atas puncak (1823 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat dan barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 19.9 mm dan durasi 52 detik," tulis keterangan PVMBG dalam website resminya.

Atas peristiwa itu, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak memasuki dan melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas Gunung Ili Lewotolok. Selain itu masyarakat Desa Lamatokan, dan Desa Jontona untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut