get app
inews
Aa Read Next : Unik! Pace-Pace di Distrik Sota Papua Ukur Tinggi Badan saat Posyandu, Demi Kesehatan

Tekan Angka Stunting Dinkes Belu Gencar Pendampingan Posyandu

Rabu, 16 Februari 2022 | 06:25 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu drg Ansilla Eka Mutty, mengunjungi anak - anak di posyandu Laktutus kecamatan Nanaet.

ATAMBUA,iNews.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur  terus berupaya menekan angka stunting yang ada di wilayah Kabupaten Belu Perbatasan Indonesia -Timor Leste ini.

 

Berdasarkan data yang dicatat Dinkes Kabupaten Belu , hingga Agustus 2021, kasus Stunting di Kab Belu  terjadi penurunan dibandingkan Februari 2021 lalu. Di mana kasus stunting saat ini terdata hampir terdapat di seluruh Kecamatan diwilayah Kabupaten Belu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu drg Ansilla Eka Mutty mengatakan, saat ini pihaknya gencar untuk melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan stunting.

"Upaya pencegahan stunting ini sudah kita lakukan sejak lama, seperti melakukan posyandu, pengaturan pola makanan, pola asuh anak, pegecekan ketersedian sumber air bersih, kesehatan dan lainnya," ungkap drg Ansilla Selasa (15/02/2022).

Untuk kegiatan posyandu sendiri pihak nya selalu berkunjung ke setiap desa untuk memastikan berat badan anak dan tinggi badan anak anak balita serta pemberian vitamin.

Kadinkes juga menambahkan pencegahan ini terus kita lakukan dengan membangun sinergitas lintas sektor  namun untuk daerah yang sudah terjadi kasus stunting ini tetap kita lakukan intervensi dan cek rutin kesehatan mereka, baik itu terkait makanan tambahan ataupun pendampingan  lainnya, pihaknya pun saat ini fokus untuk melakukan pencegahan stunting bagi remaja. 

" Petugas kesehatan akan selalu hadir ke tengah masyarakat bersama dengan pemerintah desa untuk terus melakukan pendampingan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan penting nya kesehatan bagi ibu hamil dam anak- anak remaja,"  katanya. 

 Pencegahan stunting sebetulnya dimulai dari remaja jelang pernikahan, selain itu masuk kepada ibu hamil dan ibu melahirkan hingga anak berusia dua tahun," ungkapnya.

 

Dan untuk ibu hamil kami berupaya memberikan informasi terkait kesehatan yang harus diketahui ibu hamil. Dan setelah melahirkan kita intervensi pentingnya Asi eksklusif. Dan kita juga bekerja sama dengan Dinas pendidikan dan dinas terkait lainya  untuk sama - sama bersinergi dalam  penanganan stunting ini," ujarnya.


Di kabupaten Belu sendiri data jumlah stunting saat ini masih berkisar 17, 9 %  jadi upaya kita melakukan pencegahan stunting saat ini akan dimulai dari usiaa remaja. unutk itu kita telah melalukan sosialisasi ke tengah masyarakat dengan membangun kerjasama dengan  pemerintah desa  di masing-masing kecamatan agar anak  ini terjaring dan bisa terintevensi  dalam pencegahan stunting ini," ungkapnya.


Berharap melalui pendeteksian dini pada anak remaja ini dapat menekan angka stunting di kabupaten Belu.

Selain itu kepala Puskesmas Laktutus Yoakim Taek Kehik menjelaskan saat ini di kecamatan Nanaet Dubesi terdapat 150 anak balita menderita stunting dan itu tersebar di beberapa Desa.

"Untuk saat ini di wilayah Kecamatan kita terdapat 150 anak balita menderita stunting dan langkah yang kita lakukan saat ini adalah memberikan makanan tambahan dan selalu kita pantau perkembangan nya," ujar Kapus.

Selain kita juga membangun komunikasi dengan pemerintah Desa yang warga nya terdapat anak - anak menderita  stunting agar sama - sama kita bersinergi untuk mengatasi persoalan stunting ini.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut