get app
inews
Aa Read Next : Serangan di Konser Musik Rusia, Korban Tewas Mencapai 60 Orang

Banjir Bandang 30 Orang Tewas 6 Hilang di Sumbar

Senin, 11 Maret 2024 | 22:25 WIB
header img
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban banjir bandang dan longsor di sejumlah kabupaten di Sumatera Barat, Senin (11/3/2024). (Foto: MPI)

PADANG, iNewsBelu.id – Jumlah korban tewas akibat bencana banjir bandang dan longsor yang melanda 12 kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar), hingga Senin (11/3/2024) mencapai 30 orang.  

Dari jumlah tersebut, enam orang masih dalam pencarian. Sedangkan kerugian akibat bencana itu ditaksir mencapai Rp236 miliar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto mengatakan, bencana yang melanda sumbar ini cukup masif ada 12 daerah yang terkena banjir, lima di antaranya status darurat , Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat (Pasbar) dan Padang Pariaman. 

“Bencana ini cukup masif karena mengakibatkan korban jiwa 27 orang di Kabupaten Pesisir Selatan dan tiga orang di Kabupaten Padang Pariaman meninggal dunia. Saat ini masih mencari enam orang,” katanya saat berkunjung ke Pesisir Selatan, Senin (11/3/2024).

Suharyanto menuturkan, enam orang yang dicari ini tergolong susah, namun tim akan terus mencari sesuai dengan protokol. “Kita akan mencari selama tujuh hari, pencarian cukup susah karena tertimbun longsor kemudian disertai banjir. Jika hari itu sudah lewat kita akan bernegosiasi dengan keluarga korban,” katanya. 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, bencana banjir dan tanah longsor disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi lebih dari 12 jam. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut