get app
inews
Aa Read Next : Berada di Level II Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Kembali Erupsi

Banjir Lahar Hujan dari Gunung Lewotobi Laki-Laki Ini Himbauan PVMBG

Minggu, 04 Februari 2024 | 23:06 WIB
header img
Banjir lahar (foto: dok ist)

FLORES TIMUR, iNewsBelu.id  - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan peringatan waspada terhadap potensi banjir lahar hujan dari Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengingat masih adanya aktivitas erupsi.

Laporan petugas Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, terekam di puncak gunung berketinggian 1.548 meter dpl tersebut adanya getaran banjir dalam jangka waktu tertentu.

Berdasarkan peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Api Lewotobi Laki-laki, jalur aliran lahar terbanyak ke Timur Laut, yakni 4 titik di Kecamatan Ile Bura dan satu titik di Kecamatan Wulanggitang.

Adapun empat titik di Kecamatan Ile Bura meliputi 3 titik di seputaran wilayah Desa Nobo dan Nurabelen dan 1 titik di Desa Dulipali. Sedangkan 1 titik di Kecamatan Wulanggitang berasa di perbatasan Tabana dan Duang.

Diakuinya, pihak PVMBG telah mengimbau warga agar senantiasa waspada terhadap potensi banjir lahar hujan waktu hujan turun dengan intensitas tinggi.

Pasalnya, erupsi masih terjadi dan sangat mungkin terjadi penumpukan material di bagian puncak yang menyebabkan masih adanya potensi mengalirnya banjir lahar saat hujan lebat.

"Oleh karena itu, perlunya mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung (Lewotobi laki-laki) jika hujan intensitas tinggi," ujar Lamanepa.

Dilansir dari laman infogeografi.com, lahar hujan berbeda dengan latar dingin. Lahar hujan adalah aliran lahar yang dipicu oleh akumulasi air hujan.

Besar kecilnya aliran lahar hujan sangat dipengaruhi oleh dua hal, yakni volume air hujan (curah hujan) yang turun dan volume endapan abu vulkanik.


Sifat aliran lahar hujan berbeda dengan aliran air. Aliran lahar hujan bersifat pasif, dengan pola arus relatif lurus, sulit mengikuti pola saluran sungai yang berkelok-kelok.

Sedangkan lahar dingin adalah lava yang bercampur dengan lumpur dingin. Lahar dingin memiliki sifat seperti air yang mengalir menuju tempat yang rendah.

Bercampur dengan air dingin, lahar dingin berwarna agak keabu-abuan agak kental.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut