get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Alor NTT Diguncang Gempa M4,8

Erupsi Dua Kali Pagi Ini Gunung Lewotobi Laki-Laki Semburkan Asap Hitam

Rabu, 17 Januari 2024 | 11:03 WIB
header img
Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus/PVMBG

JAKARTA, iNewsBelu.id  - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami dua kali erupsi pagi ini, Rabu (17/1/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki masih berlangsung.

“Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Rabu, 17 Januari 2024, pukul 07:43 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 1500 m di atas puncak (± 3084 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Yeremias Kristianto Pugel dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, erupsi juga terjadi pukul 07:32 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 1500 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Yeremias mengingatkan agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung, wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 KM dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan sektoral 5 KM ke arah Barat Laut - Utara dan Timur Laut.

“Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Selain itu, jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut