get app
inews
Aa Read Next : Miris, Tangkap Penyu Dilindungi, 2 Warga Adonara NTT Diciduk Polisi

Dari Lamawolo, Adonara dan Jadi Uskup Tertua di Indonesia, Ini Profil Singkat Mgr Anton Pain Ratu

Sabtu, 06 Januari 2024 | 12:13 WIB
header img
Uskup Emeritus MGR Anton Pain Ratu SVD

ATAMBUA, iNewsBelu.id - Anton Pain Ratu lahir pada tanggal 02 Januari 1929 buah hati pasangan ayah Kosmas Kopong Liat, seorang petani dan tengkulak yang merupakan Kepala Suku Ratumakin, kepala kampung, dan juga anggota majelis gereja  dan mama Maria Boli Beraya,  Anak Kepala Suku Atakela, pemimpin kelompok kerja perempuan di kampung, penjual tembakau dan dendeng ikan paus.

Anton Pain Ratu dikenal dengan anak yang rajin dan bijaksana, Anton Pain Ratu  menjalani pendidikan dasar di SR Leworere, Tanah Boleng pada tahun 1939 dan pendidikan lanjutan di Vervolgd School, Larantuka tahun 1940 hingga 1942. 

Anton Pain Ratu kemudian masuk ke Seminari St. Yohanes Berkhmans, Todabelu-Mataloko, Ngada sejak 1942 hingga 1950 dan juga Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero sejak tahun 1950 hingga 1958.

Pada 21 September 1982 ditahbiskan menjadi Uskup di Atambua, dengan jabatan sebagai Uskup Tituler Zaba dan menjadi Uskup Pembantu Atambua dengan moto tahbisan: “Maranata: Tuhan datang!” Pada tanggal 3 Februari 1984 diangkat menjadi Uskup Atambua dan pada tanggal 9 Mei 1984 menerima jabatan Uskup Atambua.

Mgr. Anton Pain Ratu pensiun sebagai Uskup Atambua pada 2 Juni 2007, dan digantikan oleh uskup Mgr Dominukus Saku Pr.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut