get app
inews
Aa Read Next : Emosi Bibit Ikan Mati Diracun Pria di Muba Bunuh 2 Tetangga

23 Tewas, 52 Selamat, Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi Berhasil Ditemukan

Kamis, 07 Desember 2023 | 07:47 WIB
header img
Seluruh pendaki korban erupsi Gunung Marapi di Sumbar ditemukan. Tercatat ada 75 pendaki dengan perincian 23 tewas dan 52 selamat. (Foto MPI)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Seluruh pendaki yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) telah ditemukan. Tercatat ada 75 pendaki dengan perincian 23 tewas dan 52 selamat. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Ichwan Pratama Danda, mengatakan pendaki terakhir telah teridentifikasi dalam kondisi tewas pada Rabu (6/12/2023). Rencananya, operasi pencarian korban akan ditutup karena semua pendaki yang terdata telah ditemukan.

"Semua korban sudah ditemukan, terakhir satu orang meninggal dunia. Dengan begitu untuk pencarian dan pertolongan yang dikomandoi rekan Basarnas, sesuai hasil rapat evaluasi tadi dan sudah ditemukan, operasi SAR kita tutup," ujar Ichwan, Kamis (7/12/2023). 

Meski begitu, BPBD Kabupaten Agam akan tetap mengaktifkan posko tanggap darurat. Menurutnya, pembukaan posko agar apabila ada pihak yang masih mencari anggota keluarganya dapat berkoordinasi lebih lanjut.

"Tapi untuk BPBD, posko tanggap darurat masih akan kita aktifkan dalam situasi darurat ini, karena mana tahu ada keluarga yang mencari anggota keluarganya maka bisa mencari ke sini (posko) dengan membawa data valid. Kami lebih sarankan apabila ada yang mencari untuk datang ke posko karena kalau lewat telepon rawan miskomunikasi," ujarnya.  

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut