get app
inews
Aa Read Next : Longsor di Tana Toraja Sulsel, 14 Orang Tewas

10 Korban Banjir Bandang Belum Ditemukan, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak

Rabu, 06 Desember 2023 | 08:55 WIB
header img
Petugas menyisir timbunan material bersama anjing pelacak untuk mencari korban hilang banjir bandang di Humbahas. (istimewa).

JAKARTA, iNewsBelu.id - Sepuluh korban hilang akibat banjir bandang di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara belum ditemukan hingga hari kelima pencarian. Petugas bahkan telah mengerahkan anjing pelacak untuk mencari para korban.  

“Seluruh operasi SAR sampai saat ini belum membuahkan hasil. Maka dari itu data korban meninggal dunia sementara masih dua orang dan yang hilang 10 orang,” kata Kepala Basarnas Sumatera Utara, Budiono dalam rapat evaluasi operasi pencarian dan pertolongan, Rabu (6/12/2023).

Budiono mengatakan, Tim SAR Gabungan akan kembali melanjutkan penyisiran hari ini dengan catatan cuaca mendukung seperti dua hari sebelumnya. Jika kemudian cuaca tidak memungkinkan, maka operasi SAR harus dihentikan. Khusus untuk operasi SAR penyelam, pada esok hari akan datang dukungan personel dari Polairud. Dengan dukungan itu diharapkan upaya SAR dapat lebih maksimal dan membuahkan hasil.

“Besok Polairud akan datang membantu melanjutkan penyisiran di sektor satu. Tim Aquaeye juga akan bergabung besok,” katanya.

Sementara itu, upaya pencarian dan pertolongan masih menjadi pekerjaan rumah bagi para tim gabungan hingga hari keempat. Secara aturan, waktu operasi SAR hanya memiliki peluang waktu selama tujuh hari. Jika dihitung maju, maka waktu emas atau golden time masa operasi SAR hanya tinggal tiga hari lagi.

Oleh sebab itu, tim gabungan dengan jumlah kurang lebih 280 orang dibantu alat berat harus lebih maksimal lagi dalam melakukan pencarian dan pertolongan. Atas banyaknya material bebatuan besar dan menutupi wilayah sektor dua seluas 14,72 meter persegi dan sektor tiga seluas 24,89 meter persegi itu tentunya akan menjadi tantangan bagi tim gabungan. Sesuai arahan Kepala Badan Nasional 

 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut