get app
inews
Aa Read Next : Geger, Ledakan Keras di Asrama Brimob Hebohkan Warga Surabaya

4 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Misa Katolik di Filipina

Minggu, 03 Desember 2023 | 20:55 WIB
header img
Militer Filipina dalam kondisi siaga tinggi menyusul serangan bom pada misa Katolik di gym kampus Universitas Negeri Mindanao Minggu pagi (Foto: Reuters)

MANILA, iNewsBelu.id - Militer Filipina meningkatkan kewaspadaan menyusul serangan bom pada misa Katolik di gym kampus Universitas Negeri Mindanao, Filipina selatan, Minggu (3/12/2023) pagi. 

Serangan tersebut menewaskan empat orang dan melukai sembilan lainnya. Dua hari sebelum serangan bom tersebut, Jumat (1/12/2023), militer Filipina menggelar operasi terhadap kelompok militan di Filipina selatan pendukung ISIS. Kemudian dalam serangan pada Sabtu kemarin, 11 anggota militan tewas, termasuk anggota kelompok Dawlah Islamiyah-Filipina. 

Dalam operasi tersebut petugas menemukan 10 senjata api serta tiga bahan peledak. Serangan bom di kampus yang beradq di Kota Marawi itu diduga masih terkait dengan operasi militer. Pejabat Angkatan Darat Filipina Gabriel Viray III menyebut serangan di Universitas Negeri Mindanao sebagai aksi teror. 

“Saat ini kami berada dalam kewaspadaan tinggi dan pasukan tetap bersiaga sampai menentukan motif dan mengidentifikasi pelaku untuk benar-benar memastikan siapa dalang di baliknya,” kata Viray, dikutip dari Reuters. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr mengecam serangan tersebut dengan menyebutnya sebagai tindakan keji.

“Saya mengutuk keras tindakan tidak masuk akal dan paling keji yang dilakukan oleh teroris asing. Ekstrimis yang melakukan kekerasan terhadap orang tidak bersalah akan selalu dianggap sebagai musuh bagi komunitas kita,” kata Marcos, dikutip dari Reuters. 

Dia meminta warga tetap tenang dan telah menginstruksikan kepolisian nasional dan angkatan bersenjata untuk memastikan perlindungan dan keselamatan warga sipil, terutama kelompok-kelompok yang rentan terhadap serangan. “Yakinlah kami akan menyeret pelaku tindakan kejam ini ke pengadilan,” ujarnya.

Video yang dibagikan Pemerintah Provinsi Lanao del Sur di Facebook, menunjukkan para pejabat militer meninjau lokasi gym. Bangunan tampak masih utuh namun terdapat jejak terbakar di pisat ledakan. Sementara itu kursi-kursi plastik putih berserakan di ruangan. “Serangan teroris terhadap institusi pendidikan juga harus dikutuk karena ini adalah tempat yang mempromosikan budaya perdamaian,” kata Gubernur Lanao del Sur, Mamintal Adiong Jr.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut