get app
inews
Aa Read Next : Sadis! bu Kandung di Kupang NTT Tega Potong Tangan Balita 3 Tahun

Ganjar, Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Terapkan Pancasila Berarti Jangan Korupsi!

Sabtu, 02 Desember 2023 | 22:07 WIB
header img
Ganjar Pranowo mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno di Ende (Foto: ist)

ENDE, iNewsBelu.id - Calon Presiden 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkunjung ke Ende, Sabtu (2/12/2023). Dari sekian banyak kegiatannya di Pulau Flores itu, Ganjar menyempatkan waktu untuk mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno, presiden pertama Republik Indonesia. 

Di rumah yang menjadi tempat pengasingan Bung Karno oleh Belanda saat menjadi tahanan politik tahun 1934-1938 itu, Ganjar melihat berbagai peninggalan di sana. 

Sudut demi sudut rumah itu ia amati, sambil pikirannya membayangkan betapa berat perjuangan bapak bangsa itu dalam mewujudkan kemerdekaan.

“Setiap kita ke Ende, pasti kita ke rumah pengasingan Bung Karno. Dan di sinilah, selama kurang lebih 4 tahun Bung Karno ada di sini,” kata Ganjar di lokasi. Beberapa koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi dalam rumah tersebut. Di antaranya setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola. 

Ada juga sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar pun sempat membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut