get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Korban Tewas di Jalur Gaza, Mencapai 34.000 Jiwa

Israel Dapat Musuh Baru, Sering Dapat Serangan Rudal dan Drone dari Houthi

Rabu, 01 November 2023 | 06:39 WIB
header img
Penampakan salah satu drone tempur Houthi sedang melaju di udara (ilustrasi). (Foto: Reuters)

SANAA, iNewsBelu.id – Pemberontak Houthi di Yaman mengklaim telah melancarkan serangan pesawat tak berawak alias drone ke Kota Eilat di selatan Israel. Serangan itu dikatakan sebagai pembalasan atas kebrutalan zionis dalam perang di Gaza. Pada Selasa (31/10/2023) pagi, Israel melaporkan telah menghancurkan “target udara” tak dikenal di Laut Merah

Beberapa jam kemudian, seorang pejabat senior Houthi mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pihaknya telah mengirim drone ke Israel Selatan.

“Drone ini milik negara Yaman,” kata Perdana Menteri Pemerintah Houthi di Yaman, Abdelaziz bin Habtour, seperti dikutip Aljazirah, hari ini. Militer Israel mengatakan pihaknya telah menembak jatuh sebuah benda yang terbang mendekat di luar wilayah udara Israel. Insiden tersebut memicu sirene serangan udara di kawasan resor wisata Laut Merah yang populer di Eilat dan membuat warga di sana berlarian mencari perlindungan.

Setelah peringatan awal mengenai kemungkinan serangan “pesawat musuh”, militer zionis mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sistemnya mengidentifikasi target udara yang mendekati wilayah Israel. “Tidak ada ancaman atau risiko terhadap warga sipil,” bunyi pernyataan itu. Pernyataan tersebut tidak mengonfirmasi asal-usul drone tersebu.

Namun laporan media lokal memperkirakan bahwa drone tersebut mungkin berasal dari Yaman Utara, yang kini dikuasai Houthi dengan dukungan Iran.

“Ini merupakan kekhawatiran bagi Israel karena mereka sudah terlibat dalam konflik dengan Hizbullah yang didukung Iran di front utara,” kata jurnalis Aljazirah, Sara Khairat, melaporkan dari Yerusalem Timur, kota Palestina yang diduduki zionis. Empat hari lalu, serangan drone menyebabkan ledakan di dua kota Mesir, yaitu Taba dan Nuweiba, yang terletak di kawasan Laut Merah dekat perbatasan Israel. Kementerian Luar Negeri Israel lantas mengatakan, Houthi telah meluncurkan drone dan rudal dengan tujuan merugikan Israel.

Insiden itu terjadi dua hari setelah Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, mengatakan pihaknya meluncurkan roket ke arah Eilat. Militer Israel mengatakan roket itu mendarat di lapangan terbuka.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut