get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Korban Tewas di Jalur Gaza, Mencapai 34.000 Jiwa

Terus Memanas, Tank-Tank Israel Terlihat di Jalan Utama Gaza dan Pasukan Bergerak ke Utara

Selasa, 31 Oktober 2023 | 08:44 WIB
header img
Tank Israel terlihat di jalan utama Gaza saat pasukan bergerak ke utara (Foto: IDF)

GAZA, iNewsBelu.id  - Pasukan Israel telah mendorong lebih jauh ke Jalur Gaza utara, dengan tank-tank memotong jalur evakuasi ke selatan.  Seorang saksi mata Palestina mengatakan satu tank terekam di Jalan Salah al-Din, memicu spekulasi bahwa tank tersebut mungkin merupakan bagian dari kemajuan tantara Israel di Kota Gaza.

Sebuah video menunjukkan sebuah mobil berbalik setelah mendekati tangki, yang tampaknya melepaskan tembakan dan menghancurkannya.

Video yang memperlihatkan tank di Jalan Salah al-Din diunggah oleh jurnalis foto Yousef Basam, yang berkendara ke utara dengan mobil pada Senin (30/10/2023) pagi.

Mobil Basam terlihat berhenti tepat setelah persimpangan yang dikenal sebagai Netzarim Junction, yang berjarak 2,8 km (1,75 mil) dari pagar pembatas dengan Israel dan sekitar 3 km selatan Kota Gaza.

Dia kemudian memperbesar kendaraan kedua yang melambat di depan tumpukan tanah di tengah jalan dan tangki yang tidak bergerak.

Tangki mulai bergerak sementara kendaraan kedua melakukan putaran tiga titik. Kilatan cahaya kemudian terlihat datang dari arah tangki sesaat sebelum mobil terkena ledakan.

“Dia pergi, seluruh keluarga hilang,” teriak salah satu pria di dalam mobil Basam, saat mobil itu melaju kencang dan kembali ke selatan.

"Tiba-tiba saya menoleh ke belakang dan melihat tank-tank Israel,” ujar seorang fotografer yang berada di daerah tersebut setelah serangan udara kepada BBC.

Dia mengambil beberapa foto dan kemudian melarikan diri.

Kepala juru bicara militer Israel ditanyai secara spesifik tentang tank-tank tersebut dalam sebuah pengarahan dan menolak memberikan informasi lebih lanjut.

“Kami telah memperluas operasi kami, yang melibatkan persenjataan, infanteri, dan tindakan ofensif di Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencapai dua tujuan utama perang, yaitu melawan Hamas dan mengamankan kembalinya orang-orang yang diculik,” terang Laksamana Muda Daniel kata Hagari.

“Meskipun saya tidak dapat memberikan rincian spesifik di sini, saya dapat meyakinkan Anda bahwa keamanan pasukan kami tetap menjadi prioritas utama kami,” lanjutnya.

Selama akhir pekan, Israel memulai apa yang disebut Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu sebagai “tahap kedua” perang yang dimaksudkan untuk menghancurkan Hamas, dengan pasukan darat memperluas operasi mereka di Gaza setelah tiga minggu pemboman intensif.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan lebih dari 8.300 orang telah tewas di wilayah tersebut sejak saat itu, sementara pasokan makanan, air, bahan bakar dan obat-obatan untuk 2,2 juta penduduknya sangat rendah.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut