get app
inews
Aa Read Next : Waduh, India Dilanda Gelombang Covid-19, 40.000 Orang Terpapar dalam Sehari

Kasus Positif Covid-19 Harian Indonesia Tertinggi di Dunia, Lampaui Inggris dan India

Jum'at, 09 Juli 2021 | 16:42 WIB
header img
Tenaga medis di RS Khodijah memeriksa pasien Covid-19. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

JAKARTA, iNews.id — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat bahwa penambahan kasus positif harian di Indonesia tertinggi di dunia. Bahkan disebut telah melampaui Inggris dan India.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto mengatakan penambahan kasus positif di Tanah Air telah mencapai 38 ribu perhari, khususnya pada kemarin, Kamis 8 Juli 2021.

"Penularan harian kita sekarang sudah tertinggi di dunia, positif harian, kemarin sudah 38 ribu. Ini di atas Inggris bahkan di atas India," ucap Hery saat berbincang dengan Stafsus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman melalui Instagram Live, Jumat (9/7/2021).

Hery berujar, tingginya angka positif harian Indonesia salah satunya disebabkan oleh meningkatnya testing yang dilakukan oleh aparat terkait. Di Juli 2021 saja jumlah testing perhari mencapai 200 ribu.

Di samping massifnya testing, Hery mengungkapkan bahwa angka riil penularan virus corona di Indonesia memang cukup mengkhawatirkan. Karena itulah pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan laju infeksi virus corona.

Hery mengaku sulit meyakinkan masyarakat untuk tetap berada di rumah pada masa PPKM Darurat. Sebab mereka di satu sisi diminta kantornya tetap masuk kendati masuk kategori nonesensial. Lalu banyak pula pekerja informal.

 "Penyebabnya macam-macam ada sebagian yang bekerja di sektor informal dan ada juga yanhmg di sektor formal tapi kantornya tetap meminta masuk. Jadi dua solusinya bisa berbeda," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut