get app
inews
Aa Read Next : Tersambar Petir saat Panen Padi Ayah dan Anak di Pasuruan Tewas

Momen Haru Anakku Komandanku, Ayah Hormat ke Putranya yang Berpangkat Lebih Tinggi di TNI

Selasa, 28 Desember 2021 | 06:08 WIB
header img
Serda Sahidin memberi hormat kepada anaknya yang berpangkat lebih tinggi yaitu Letda Figgy Heryansyah. (Foto: YouTube TNI AD

JAKARTA, iNews.id - Momen haru terjadi saat pelantikan Taruna Akademi Militer (Akmil). Seorang ayah yang berpangkat Serda atau golongan terendah dalam Bintara di kemiliteran memberi hormat kepada anaknya yang menyandang pangkat Letnan Dua atau perwira pertama TNI. 

Dalam kisahnya, Serda (Har) Sahidin terlihat memberi hormat dengan penuh rasa bangga kepada anaknya Letda Figgy Heryansyah. Kebanggaan itu diceritakan Sahidin di kanal Youtube TNI AD dengan judul 'Anakku Komandanku' yang diunggah 2020 silam dan dilihat pada Senin (27/12/2021).

"Waduh bangga sekali. Bangga lah bangga sekali, tidak bisa diucapkan," kata Sahidin.

Sahidin mengungkapkan, semasa kecil anaknya gemar berolah raga. Dia kerap mengikuti berbagai kompetisi dan menang. Figgy juga rupanya memang berminat menjadi tentara.

"Sejak SD, sudah ikut O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) dan sering berprestasi juga. Dia juga kebetulan berminat menjadi tentara," kata Sahidin.

Tidak hanya itu, Sahidin juga memang sudah mengarahkan Figgy untuk menjadi tentara. Mulai dari latihan hingga kesehatan, dia mengurus betul keperluan Figgy untuk menjadi tentara.

Menurunya, kehidupan Letda Figgy Heryansyah sejak kecil sudah tidak asing dengan dunia militer karena akrab dengan lingkungan asrama. Pada tahun 2016, Sahidin mendaftarkan anaknya ke Akademi Militer (Akmil). 

"Dia sudah tidak kaget lagi lihat tentara di lingkungan asrama. Saat SMP dan SMA dia sehari-hari bersama pamannya. Kebetulan pada tahun 2016 kemarin dia daftar Akmil alhamdulillah langsung diterima," ucapnya.

Dia menceritakan Figgy merupakan anak yang tidak pernah membantah perintah orang tua. Sejak SD, sang anak sering mengikuti pelombaan dan berprestasi di bidang olah raga. Prestasi dan capaian itulah yang menjadi bekal Figgy ketika mendaftar menjadi taruna Akmil.

"Alhamdulillah anaknya penurut. Waktu SD kan sering ikut O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), saya kursuskan olahraga. Dari SD dan SMP berprestasi," ujarnya.

Latih Fisik Sang Anak 

Serda Sahidin memang sudah jauh hari mempersiapkan anaknya menjadi tentara. Menurutnya, sejak duduk di bangku SMP, anaknya rajin dilakukan check-up kesehatan setiap enam bulan sekali. 

"Jadi jauh-jauh sebelumnya sudah saya persiapkan. Mulai saya ajak rutin check-up kesehatan sejak masih SMP kelas 3 sampai tamat SMA, enam bulan sekali biasanya," katanya. Selain itu, Figgy juga ditempa sendiri oleh Sahidin. Sementara di bidang akademik justru Figgy lebih mandiri dalam mengeksplorasi diri.

"Saya latih sendiri di asrama juga. Dua itu saja yang penting, pertama kesehatan dan yang kedua fisiknya. Saya bilang kalau akademik orangtuanya tidak terlalu mengerti apa-apa, mungkin dia yang lebih akademik," ucapnya.

Pada saat Letda Figgy Heryansyah lulus dan dilantik Presiden menjadi taruna TNI AD, Serda Sahidin memberinya hormat dan memeluknya. Tak hanya itu, sebagai bentuk berbakti kepada orangtua, Letda Figgy bersujud dan mencium kaki ibunya di tengah Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang pasca-Upacara Prasetya Perwira (Praspa). Letda Figgy berharap suatu saat nanti dia bisa menjadi pemimpin di satuannya. Dia juga berharap bisa berkembang dan diandalkan di satuannya bertugas.

"Saya ingin menjadi pemimpin yang diandalkan di satuan saya nanti. Saya juga ingin suatu kebanggaan itu timbul dari diri saya untuk menjadi pemimpin yang dapat bisa diandalkan," kata Letda Figgy.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut