Logo Network
Network

Guncangannya Terasa hingga NTT Ini Penampakan Kerusakan akibat Gempa Bumi Magnitudo 7,5 di Maluku

Yuswantoro
.
Selasa, 10 Januari 2023 | 07:46 WIB
Guncangannya Terasa hingga NTT Ini Penampakan Kerusakan akibat Gempa Bumi Magnitudo 7,5 di Maluku
Penampakan kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 7,5 di Desa Watwey, Kecamatan Dalewor Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya. Foto/BNPB

JAKARTA, iNewsBelu.id - Gempa bumi magnitudo 7,5 mengguncang wilayah Maluku, Sulawesi Tenggara, dan Papua, Selasa (10/1/2023) dini hari, pukul 00.47 WIB. Gempa tersebut, mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan milik warga di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari menyebutkan, BNPB menerima laporan visual kerusakan rumah dan bangunan masyarakat akibat gempa magnitudo 7,5 di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dari gambar yang diterima BNPB, kerusakan bangunan akibat gempa bumi terjadi di Desa Watwey, Kecamatan Dalewor Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya. Kerusakan tersebut, di antaranya tembok rumah dan pagar sekolah roboh.

BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, sebagai dampak dari terjadinya gempa magnitudo 7,5. Namun, peringatan dini tsunami tersebut, akhirnya dicabut pada pukul 03.43 WIB.

Gempa bumi tersebut berpusat di Laut Banda, dengan kedalaman 131 km, pada koordinat 7,25 Lintang Selatan (LS), dan 130,18 Bujur Timur (BT). Tepatnya berjarak 150 km Barat Laut Maluku. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun resminya di Twitter @DaryonoBMKG menyebutkan, hingga pukul 03.00 WIB, telah terjadi empat kali gempa bumi susulan, dengan magnitudo M5,5; M4,8; M4,5; dan M4,1.

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.