get app
inews
Aa Read Next : Waduh, Kembali Erupsi Letusan Gunung Lewotobi Laki-laki Setinggi 700 Meter di Atas Puncak

11 Ekor Anjing Pelacak Polda Jatim Temukan 13 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 14 Desember 2021 | 15:20 WIB
header img
Anjing pelacak dari Unit K-9 Polda Jatim mencari jenazah korban erupsi Gunung Semeru, Selasa (14/12/2021). (Foto: Humas Polda Jatim).

SURABAYA, iNews.id - Pasukan anjing pecak Mabes Poldi dan Polda Jawa Timur (Jatim) sukses membantu pencarian korban erupsi Gunung Semeru. Sejak hari kedua erupsi, tim K-19 tersebut telah berhasil menemukan 13 jenazah yang tertimbun material vulkanis Gunung Semeru.  

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, Mabes Polri dan Polda Jatim mengerahkan 11 ekor anjing pelacak Unit Satwa K-9 dalam operasi ini. Tim tersebut menyisir sejumlah wilayah terdampak, terutama di lokasi terparah Curah Kobokan dan Kampung Renteng. 

"Terdapat 25 titik bau yang berhasil diendus anjing pelacak, dan menjadi petunjuk anggota satgas dari Tim SAR Gabungan dalam mengerahkan alat berat untuk melakukan penggalian skala besar," katanya, Selasa (14/12/2021).  

Gatot mengatakan, Unit Satwa K-9 yang dilibatkan itu berasal dari Baharkam Mabes Polri dengan lima ekor anjing. Lalu, Unit Satwa Polda Jatim dengan empat ekor anjing, dan Polres Malang Kota dengan dua ekor anjing.

Gatot mengatakan, belasan ekor anjing unit satwa K-9 itu tetap akan disiagakan selama operasi pencarian yang dikomandoi satgas pencarian korban bencana alam Gunung Semeru berlangsung.

“Tentu ini komitmen kami sejak awal. Bahkan upaya pencarian korban juga termasuk operasi kemanusiaan aman nusa yang diperintahkan Kapolri. Kami akan menyiagakan unit satwa itu hingga berakhirnya operasi pencarian yang dikomandoi satgas," tuturnya.  

Gatot menegaskan, pihaknya, dalam hal ini Mabes Polri dan Polda Jatim, siap menambah unit satwa tersebut yang akan didukung dari berbagai porles jajaran dari Polda Jatim, ataupun kepolisian daerah lain. 

"Kami selalu mengevaluasi semua progres kinerja dari hari ke hari, selama operasi pencarian. Kami akan siap jika memang dibutuhkan unit satwa tambahan dalam upaya perluasan medan pencarian korban," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut