get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Sejak Tahun 1960 Papua Ngotot Minta Merdeka dan Pisah Dengan Indonesia

Mau Tau Apa ITU G20? Inilah Sejarah Pendirian dan Manfaatnya Bagi Indonesia

Selasa, 15 November 2022 | 05:39 WIB
header img
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), António Guterres di Media Center KTT G20, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: Yulistyo Pratomo/MPI)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara tersebut merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama Presidensi G20 Indonesia. Tema yang diusung dalam Presidensi G20 tahun ini adalah 

“Recover Together, Recover Stronger”. Tiga isu utama yang diangkat dalam pertemuan ini adalah arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, transformasi digital, dan ekonomi.

Lantas, apa itu G20? Serta bagaimana sejarah dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia? Simak ulasan singkat iNews.id berikut ini. 

Apa Itu G20? 

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Group of Twenty atau G20 merupakan forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi serta pembangunan.

Selain itu, G20 juga dapat disebut sebagai forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa.  G20 ini mempresentasikan lebih dari 60 persen populasi global, 75 persen perdagangan global, serta 80 persen PDB di dunia.

Negara anggota G20 terdiri atas Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut