get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Sejak Tahun 1960 Papua Ngotot Minta Merdeka dan Pisah Dengan Indonesia

Temui Menlu RI Adam Malik Awal Perjuangan Presiden Ramos Horta Menghantar Timor Leste Masuk ASEAN

Sabtu, 12 November 2022 | 13:54 WIB
header img
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, foto istimewa.

DILI, iNewsBelu.id - Meskipun telah melalui penantian yang sangat panjang  akhirnya Negara Timor Leste sah menjadi anggota ASEAN. Dalam KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022), Timor Leste secara prinsip disetujui sebagai anggota ke-11. Meski demikian Timor Leste masih harus melalui tahapan untuk diterima sebagai anggota penuh.

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengatakan, keinginan untuk bergabung ke ASEAN bahkan sudah ada sejak negaranya masih di bawah kendali Portugal pada 1970-an. Setelah itu Portugal melepas Timor Leste (dulu Timor Timur) kemudian bergabung dengan Indonesia.

Sebagai seorang diplomat pemula pada 1970-an, Ramos Horta sudah mengangkat gagasan untuk bergabung ke Asia Tenggara. Setelah 50 tahun lebih, keinginannya itu baru terwujud. Pria 72 tahun itu mengatakan mimpi itu yang telah lama tertahan menjadi kenyataan. “Pertama kali saya membicarakan hal ini, saya baru berusia 24 atau 25 tahun. 

Saya berangkat ke Jakarta dan bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu Adam Malik. Saya tidak memiliki pengalaman diplomatik, tapi saya tahu bahwa integrasi kawasan, keanggotaan di ASEAN, serta hubungan dekat dengan Australia dan Indonesia sangat penting bagi masa depan Timor Leste,” katanya, kepada Reuters, dikutip Sabtu (12/11/2022).
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut