get app
inews
Aa Read Next : Geger, Dituduh dengan 99 Pelecehan Karyawan Perempuan Wali Kota di Jepang Mengundurkan Diri

Breaking News, Perdana Menteri Inggris Liz Truss Mengundurkan Diri

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:15 WIB
header img
Perdana Menteri Inggris Liz Truss. (Foto: Reuters)


LONDON, iNewsBelu.id - Perdana menteri Inggris Liz Truss menyatakan akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri. Ini menjadikannya perdana menteri tersingkat dalam sejarah Inggris setelah 45 hari menjabat.  

Pemerintahan Truss telah dikritik keras karena kebijakan ekonominya yang terbukti tidak mampu menahan inflasi  di atas 10 persen dan kenaikan harga, serta memicu kekhawatiran tentang peningkatan utang publik.   Pemilihan kepemimpinan akan selesai dalam minggu depan untuk menggantikan Truss.  

Truss menjadi PM Inggris tersingkat saat ini. Sebelumnya, pemegang rekor PM Inggris tersingkar dipegang oleh George Canning yang memerintah selama 119 hari pada tahun 1827.  Berbicara di luar pintu kantor dan kediaman Nomor 10 Downing Street, Kamis (20/10/2022), Truss mengakui tidak dapat memenuhi janji yang dia buat ketika mencalonkan diri sebagai pemimpin Konservatif. 

"Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya emban oleh Partai Konservatif. Karena itu, saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberi tahu bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif," katanya. 

Dia mengaku, pagi ini bertemu dengan ketua Komite 1922, Sir Graham Brady. Mereka sepakat akan ada pemilihan kepemimpinan yang akan diselesaikan dalam minggu depan.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Breaking News, PM Inggris Liz Truss Mundur ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/breaking-news-perdana-menteri-inggris-liz-truss-akan-mundur/2.


 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut