get app
inews
Aa
Read Next : Bebaskan Pilot Susi Air KKB Minta Tebusan Rp5 Miliar, Ini Reaksi Panglima TNI

Dukung Panglima TNI, Bamsoet : Masalah Papua Tak Boleh Mengutamakan Pendekatan Senjata

Selasa, 30 November 2021 | 06:28 WIB
header img
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima kunjungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di kediaman pribadi, Minggu (28/11/2021). (Foto: Antara/Humas MPR RI)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menangani konflik Papua dengan pendekatan tegas dan humanis. Menurutnya penyelesaian Papua tidak harus dengan senjata. 

"Pendekatan penyelesaian masalah di Papua tidak boleh hanya mengutamakan pendekatan senjata. Melainkan juga harus melalui pendekatan kesejahteraan yang komprehensif dan strategis," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini, pendekatan itu sesuai Inpres 9 tahun 2020 yang dilanjutkan Keppres 20 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Namun kata Bamsoet bukan berarti TNI tidak boleh mengambil tindakan tegas. Terhadap tindakan apapun yang mencederai kedaulatan bangsa dan negara, TNI harus tetap melakukan tindakan tegas dan terukur.

Menurut Bamsoet, pendekatan teknis yang digunakan lebih kepada operasi teritorial, bukan operasi tempur.

Bamsoet menambahkan, melalui forum MPR RI for Papua yang diisi anggota DPR dan DPD dari Dapil Papua, MPR  akan menjadi mitra strategis bagi TNI dalam menciptakan suasana kedamaian di tanah Papua. Selain itu, Bamsoet juga mendukung agar pemerintah bisa meningkatkan tunjangan kinerja prajurit TNI, dari saat ini sebesar 60 persen dari gaji pokok menjadi 70 hingga 80 persen dari gaji pokok prajurit.


Bamsoet juga mendukung peningkatan uang lauk pauk bagi prajurit TNI dari semula Rp60 ribu per hari yang berlaku rata di berbagai daerah, menjadi sebesar Rp100 ribu bagi yang bertugas di Pulau Jawa dan Rp150 ribu bagi yang bertugas di luar Pulau Jawa. 

"Kita juga patut mendukung agar prajurit TNI bisa diberikan kemudahan dalam kepemilikan rumah. Sehingga jika terjadi sesuatu kepada prajurit dalam bertugas menjaga kedaulatan negara, keluarga yang ditinggalkan tidak terlalu mengalami kesulitan dalam rumah tinggal," ujar politisi Partai Golkar ini.

Bamsoet menerima kunjungan silaturahmi Panglima TNI Andika Perkasa ke kediaman pribadinya pada Minggu (28/11/2021).  Dalam menerima kunjungan itu, Bamsoet selain ditemani putrinya Saras Shintya Puteri, juga didampingi Robert Kardinal, anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Golkar Dapil Papua Barat, dan Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Nasdem dapil DKI Jakarta.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut