Logo Network
Network

Inilah Profil dan Riwayat 7 Pahlawan Revolusi Korban G30S PKI 1965, Simak Kisah Mereka

Rilo Pambudi
.
Kamis, 29 September 2022 | 22:05 WIB
Inilah Profil dan Riwayat 7 Pahlawan Revolusi Korban G30S PKI 1965, Simak Kisah Mereka
Pahlawan revolusi korban G30S PKI (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Inilah 7 Pahlawan Revolusi korban G30S PKI. Tragedi 30 September 1965 menjadi sejarah kelam tersendiri bagi bangsa Indonesia. Meski ada beragam versi, peristiwa yang menewaskan enam jenderal dan satu perwira pertama TNI Angkatan Darat (AD) itu diyakini sebagai pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang bertujuan untuk mengubah ideologi bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, peristiwa berdarah tersebut kemudian dinamai sebagai G30S PKI. Lantas, siapa saja enam jenderal dan satu perwira yang menjadi korban dan kini dikenal sebagai Pahlawan Revolusi. 7 korban tersebut di antaranya adalah Jenderal Ahmad Yani, Mayjen R Soeprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo, dan Lettu Pierre A Tendean.

Berikut ini adalah profil singkat 7 Pahlawan Revolusi yang dilansir iNews.id dari Kemdikbud, Kamis (29/9/2022) 

1. Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani 

Ahmad Yani adalah petinggi TNI AD di masa Orde Lama yang lahir di Jenar, Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922. Saat muda, Ahmad Yani menempuh pendidikan Heiho di Magelang dan Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.  Setelah itu, Ahmad Yani berkarier di militer dan turut terlibat dalam pemberontakan PKI Madiun 1948. Tak hanya itu, ia juga ikut dalam mengatasi Agresi Militer Belanda II, dan penumpasan DI/TII di Jawa Tengah.

Pada tahun 1958, Ahmad Yani diangkat sebagai Komandan Komando Operasi 17 Agustus di Padang Sumatera Barat. Misi utamanya adalah menumpas pemberontakan PRRI di sana. Ia kemudian diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tahun 1962. Namun pada tahun 1965, nama Ahmad Yani terseret dalam daftar Dewan Jenderal yang disebut ingin menjatuhkan Presiden Soekarno. Oleh sebab itu, ia turut menjadi korban pemberontakan G30S pada 1 Oktober 1965.

2. Letjen (Anumerta) Suprapto 

Suprapto merupakan perwira tinggi yang lahir di Purwokerto, Jawa Tengah pada 20 Juni 1920. Riwayat pendidikan militernya adalah di Akademi Militer Kerajaan Bandung, tetapi tidak sampai tuntas lantaran pendaratan Jepang pada 1942.  

Pada masa awal kemerdekaan, Suprapto aktif dalam upaya pelucutan senjata dari pasukan Jepang di Cilacap. Suprapto kemudian masuk menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Purwokerto dan ikut andil dalam pertempuran di Ambarawa sebagai ajudan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Kariernya militernya kian cemerlang. Saa PKI mengajukan pembentukan angkatan perang kelima, Suprapto keras menolaknya. Ia menjadi korban pemberontakan G30S bersama para petinggi TNI AD lainnya. Jasadnya ditemukan di kawasan Lubang Buaya. Pangkat terakhirnya adalah Mayjen sebelum diberi gelar anumerta Letnan Jenderal (Letjen)setelah meninggal.

3. Letjen (Anumerta) S. Parman 

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini