get app
inews
Aa Read Next : Berita Duka Aktor Iqbal Pakula Meninggal Dunia di Usia 46 Tahun

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Penyanyi di Indonesia Disebut Artis

Rabu, 28 September 2022 | 17:57 WIB
header img
Rossa salah satu penyanyi Indonesia yang bisa disebut artis. (foto: dok MPI)

JAKARTA, iNewsBelu.id – Negara Indonesia menjadi salah satu yang memiliki jumlah pelaku kreatif terbanyak, khususnya di industri musik dan hiburan. Uniknya di Indonesia semua pelaku industri kreatif kerap dipanggil dengan sebutan artis. Lantas adakah alasan khusus kenapa penyanyi Indonesia bisa disebut artis?  Banyak pertanyaan di kalangan masyarakat apakah sebutan artis ini berlaku untuk penyanyi, pemain film, hingga comedian. 

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat arti kata, ejaan dalam penggunaan kata "artis", yaitu art dan is.   Artis sendiri artinya ahli seni, seniman, seniwati seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama. Oleh karena itu orang yang berprofesi sebagai artis biasanya memang berkecimpung di dunia seni, menghasilkan atau menciptakan karya dan tunduk kepada kriteria estetika.

Itulah jawaban dari pertanyaan kenapa penyanyi Indonesia bisa disebut artis? Karena mereka menciptakan dan membawakan lagu, serta musik yang merupakan bagian dari seni kontemporer. Tak hanya itu saja, sebagian penyanyi juga melakoni seni lainnya seperti model, beradu akting, hingga hobi melukis atau menggambar. Sementara pengertian seni musik secara bahasa terdiri dari dua kata, yakni "seni" dan "musik". Seni merupakan bagian dari dimensi ciptaan atau rasa manusia. Seni kemudian dituangkan dalam media tertentu untuk menyalurkannya atau mengimplementasikannya kepada orang lain.

Kata "musik" yang berasal dari kata mousikos artinya dalam bahasa Yunani adalah dewa keindahan yang memiliki kekuasaan pada bidang seni dan keilmuan. Pengertian Seni Musik kemudian diartikan sebagai bidang keilmuan atau aliran seni yang menggunakan nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan ekspresi, pesan, atau nilai-nilai seni kepada orang lain dalam satu kesatuan dan kesinambungan. Itulah alasan kenapa penyanyi Indonesia bisa disebut artis menurut KBBI.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kenapa Penyanyi di Indonesia Disebut Artis? Ternyata Ini Alasannya   "

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut