Kunjungi NTT Ini Pesan Wamen LHK Untuk Masyarakat NTT

Eman Suni
.
Kamis, 25 November 2021 | 15:34 WIB
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (WAMEN-LHK) Alue Dohong melakukan kunjungan ke lokasi peresmian anakan milik balai pengelolan daerah aliran sungai dan hutan (BPDASHL) Benain Noelmina Kecamatan Maulafa Kota kupang NTT.

KUPANG, iNews.id - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (WAMEN-LHK) Alue Dohong melakukan kunjungan ke lokasi peresmian anakan milik balai pengelolan daerah aliran sungai dan hutan (BPDASHL) Benain Noelmina Kecamatan Maulafa Kota kupang NTT.

Dalam kunjungan ini Wamen meminta agar terus diperbanyak anakan beringin yang diyakini dari akarnya mampu menyimpan kandungan air untuk mengatasi kekeringan dan mencegah daerah yang rawan longsor.

"Kepada semua masyarakat NTT saya berpesan agar terus diperbanyak anakan pohon beringin karena dengan semakin banyak ditanami pohon beringin maka dapat mencegah terjadinya kekeringan dan juga longsor," ujarnya.

Menurut Wamen salah satu jenis pohon yang sangat dibutuhkan oleh kondisi NTT yakni pohon beringin oleh karena itu pemerintah diharapkan bisa bekerjasama dengan masyarakat untuk terus membudidaya pohon beringin.

"Hari ini saya sudah datang dan melihat secara langsung tempat pembibitan anakan, di areal ini setiap tahunnya menghasilkan paling sedikit 900.000 anakan yang dibagikan ke setiap masyarakat secara gratis untuk di tanam," ungkapnya.

Kita harapkan semoga anakan yang sudah dibagi dapat ditanami dan dirawat dengan baik sehingga bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat sendiri hingga ke anak cucu.

Kepalaa Balai DAS-HL Benanain Noelmina  Bambang Hendro Jpewono mengatakan, dilokasi satu hektare ini terdapat 19 jenis Anakan dan khusus  unyuk beringin akan di perbanyak demi mengatasi kekeringan dan antisipasi longsor.

"Saat ini terdapat ada 19 jenis anakan yang sudah ditanami, untuk beringin kita akan perbanyak demi mengatasi kekeringan di wikayah NTT." Ugkapnya.

Semua anakan ini akan dibagikan secara gratis kepada semua warga dengan persyaratan menunujukam KTP dan berhak mendapatkan 25 anakan pohon, dan pihak balai akan terus melakukan pengawasan secara berkala untuk memastikan anakan yang ditanami akan bertumbuh dengan baik.


 

Editor : Stefanus Dile Payong
Bagikan Artikel Ini