get app
inews
Aa Read Next : Dihantam Badai, Kapal Turis AS Tenggelam di Perairan Kanawa Labuan Bajo NTT

Miris! Heboh Turis Kencing di Gunung Bromo, Pengelola Buru Identitas Pelaku

Rabu, 14 September 2022 | 18:24 WIB
header img
Tangkapan aksi viral bule mengencingi kawah Gunung Bromo. (Foto: Instagram)

MALANG, iNewsBelu.id - Aksi tak terpuji turis kencing di atas Gunung Bromo terus menuai kecaman. Pihak pengelola wisata pun bergerak cepat menelusuri identitas turis tersebut.  

Upaya ini dilakukan karena Gunung Bromo disakralkan oleh masyarakat suku tengger. Selain itu tindakan tersebut juga menodai norma adat dan kesopanan. 

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengungkapkan, masih melakukan penyelidikan terkait identitas sebenarnya dari turis asing tersebut. 

"Masih dipantau (identitasnya). Kita dapat dari medsos, teman-teman di lapangan masih saya pantau belum tahu waktunya. Nanti akan coba tanya recordnya lokasi kejadiannya kapan," ucap Sarif saat dihubungi MNC Portal, pada Rabu sore (14/9/2022).

Diakui memang sejauh ini prosedur masuk ke kawasan Wisata Gunung Bromo telah diberikan pemberitahuan di sistem dan persyaratan, saat melakukan pembelian dan pembayaran tiket secara online. Tetapi identitas pembeli tiket sebenarnya bisa berbeda dengan yang memasuki area TNBTS.

 "Nanti kita cek, akunnya sudah search juga akan kita cek. Booking online modusnya macam-macam, masuk namanya siapa, tapi bookingnya siapa," katanya.

Nantinya untuk mengantisipasi hal serupa pihaknya bakal memperketat pengawasan dan mengedukasi masyarakat, termasuk pelaku jasa wisata agar saling mengingatkan.  

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut