get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Longsor di Kabupaten Ende Ibu dan Anak Tertimbun, 1 Orang Tewas

1.000 Orang Tewas dan 80 Persen Infrastruktur Hancur di Izium Ukraina sejak Invasi Rusia

Senin, 12 September 2022 | 21:03 WIB
header img
Kota Izium, Ukraina. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsBelu.id - Sekitar 1.000 orang di Kota Izium Ukraina tewas sejak Rusia melancarkan invasi enam bulan lalu. Sebanyak 80 persen infrastruktur kota termasuk sistem pemanas sentral telah hancur. 

"Izium sangat menderita karena agresi Rusia," kata Anggota Dewan Kota, Maksym Strelnikov saat konferensi pers yang disiarkan televisi, Senin (12/9/2022). 

Dia menambahkan, kemungkinan jumlah korban tewas lebih dari 1.000 orang. Banyak warga tewas dan menderita akibat tak mendapat bantuan medis saat Rusia menghancurkan instansi medis di Izium pada Maret lalu.  

Menurutnya, saat ini jumlah warga kota yang tersisa sekitar 10.000 orang. Jumlah itu hanya seperlima dari populasi total sebelum invasi. 

Di hari yang sama,  staf umum Ukraina mengatakan, pasukannya telah merebut kembali lebih dari 20 kota dan desa hanya dalam satu hari terakhir. Itu merupakan bagian dari serangan balasan yang telah memaksa pasukan Rusia untuk meninggalkan posisi mereka dan meninggalkan persediaan besar amunisi dan peralatan. 

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia mungkin telah memerintahkan pasukannya untuk mundur dari semua wilayah Kharkiv di sebelah barat Sungai Oskil.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut