get app
inews
Aa Read Next : Letusan Capai 400 Meter Gunung Api Ile Lewotolok Kembali Erupsi

Gunung Api Ile Lewotolok NTT Kembali Erupsi, Warga 3 Desa Diminta Waspada

Sabtu, 03 September 2022 | 05:53 WIB
header img
Gunung api Ile Lewotolok erupsi. Foto: Istimewa

LEMBATA , inewsBelu.id- Gunung Api Ile Lewotolok, di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali erupsi, disertai gemuruh. Warga sekitar diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer (km) dari puncak. 

Kepala Pos Pemantau Gunung Apil (PGA) Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian mengatakan, erupsi terjadi pukul 15.56 Wita, dengan tinggi kolom abu kurang lebih 100 meter hingga 1.500 meter dari mulut kawah gunung api. 

"Warga sekitar diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer (km) dari puncak, radius 3,5 km untuk sektor tenggara, radius 4 km untuk sektor timur dan timur laut," katanya, Jumat (2/9/2022).

Dilanjutkan dia, kolom abu teramati berwarna putih, kelabu, hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi itu, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 34 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 34 detik. 

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh tingkat aktivitas Gunung Api Ili Lewotolok tetap berada pada level III siaga," sambungnya. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut