get app
inews
Aa Read Next : Kodi Sumba Barat Daya NTT Diguncang Gempa Magnitudo 2,8

Peduli Kesehatan Napi, Dharma Wanita Persatuan Sumba Barat Daya Berikan Pelayanan kesehatan Gratis

Selasa, 16 November 2021 | 17:39 WIB
header img
Persatuan Dharma Wanita Gelar pengobatan kesehatan Gratis bagi para napi di LapasKelas IIB Waikabubak,Selasa, (16/11/2021).

WAIKABUBAK, iNews.id -  Peduli terhadap kesehatan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Waikabubak Persatuan Dharma Wanita 
Gelar pengobatan kesehatan Gratis bagi para napi Selasa, (16/11/2021).

Dengan menggandeng tenaga Kesehatan dari Puskesmas Elopada, DWP Sumba Barat Daya menggelar pengobatan gratis bagi seluruh WBP yang berjumlah 249 orang yang terdiri dari 58 orang Tahanan dan 191 Orang Narapidana.

Kegiatan pengobatan gratis ini di mulai pukul 09.00 WITA hingga selesai pada pukul 14.00 WITA bertempat di Aula terbuka Lapas Waikabubak. 

Ketua DWP Margareta Bulu Pudjiharwanti mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh WBP dan juga mencegah merebaknya penyakit menular di lingkungan Lapas khususnya pada kamar dan blok hunian. 

“ Pengobatan gratis ini memang merupakan salah satu agenda kegiatan Dharma Wanita Persatuan Sumba Barat Daya, yang selama ini terhambat akibat pandemi. Selain itu mengingat sekarang musim hujan dan banyak penyakit mudah menular," ungkap Margareta.

Kami bekerja sama dengan Puskesmas Elopada mengadakan pengobatan gratis dan pembagian vitamin bagi saudara-saudara yang ada di Lapas. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kalapas dan jajarannya yang telah menerima kami dengan hati yang terbuka," ungkapnnya.


Kegiatan di awali dengan skrining penyakit TBC, HIV dan Hepatitis, pemeriksaan tanda-tanda vital oleh perawat, pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan penyerahan obat dan vitamin.  Setelah pemeriksaan kesehatan, DWP Sumba Barat Daya membagikan makan siang bagi seluruh pegawai dan warga binaan. 


Warga binaan yang dimintai pendapatnya tentang kegiatan ini mengatakan sangat senang dengan adanya pengobatan gratis ini. 


“Kami merasa bersyukur atas kunjungan dan perhatian Ibu-ibu Dharma Wanita Sumba Barat Daya kepada kami. Kami diberikan layanan pengobatan dan vitamin secara gratis” Ungkap salah satu WBP Lapas Waikabubak.  


Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Kasi Binapdik & Giatja), Sjarifthul Akbar mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, Lapas Waikabubak merasa terbantu dalam memantau kesehatan warga binaan. 


“Kegiatan yang diselenggarakan oleh DWP Sumba Barat Daya tentunya kami terima dengan tangan terbuka. Kami segenap jajaran Lapas Waikabubak mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua dan juga seluruh rombongan yang hadir dalam menyukseskan kegiatan ini. Kami merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini terutama dalam memantau kesehatan warga binaan. Kita semua berharap agar kegiatan ini dapat terus diakukan secara bekelanjutan," ungkap Sjarif.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut