get app
inews
Aa Read Next : Berminat Buka Gerai Indomaret? Ini Cara, Persyaratan, dan Potensi Cuannya!

Ingin Tahu Alasan Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan ? Ini Faktanya

Minggu, 28 Agustus 2022 | 20:49 WIB
header img
Alasan indomaret dan alfamart selalu berdekatan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Kenapa lokasi Indomaret dan Alfamart berdekatan? Alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan akan dibahas dalam artikel ini.

Jika dilihat secara seksama di mana ada Indomaret pasti ada Alfamart. Keduanya seperti tak bisa dipisahkan begitu saja dengan persaingan yang ketat.

Selain lokasi yang bedekatan, hal menarik lainnya adalah seberapa banyak harta pemilik Indomaret dan Alfamart. Berikut adalah fakta mengenai Indomaret dan Alfamart yang dirangkum Okezone, Sabtu (27/8/2022).

1. Pemilik Indomaret Anthony Salim vs Pemilik Alfamart Djoko Susanto


Berdasarkan data Forbes real time billionaires, harta Anthony Salim mencapai USD8,5 miliar atau setara Rp125,8 triliun (kurs Rp14.800)

Sementara itu, menurut data Forbes real time billionaires, kekayaaan Djoko Susanto mencapai USD3,1 miliar atau Rp45,8 triliun. Djoko Susanto adalah pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 16.000 toko di seluruh Indonesia

2. Menarik Pasar Lebih Luas


Strategi marketing menjadi alasan utama di balik 'fenomena' ini. Kedua gerai tentu retail memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Sehingga keduanya memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory. Hotelling Theory merupakan teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut