get app
inews
Aa Read Next : Miris, Bongkar Kasus Perdagangan Orang, Polisi Temukan 5 Bayi di Kontrakan

Supir Truk Sakit Hati Terhadap Oknum Polisi, Akhirnya Sebar Video Hoax Polisi Pungli

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 07:02 WIB
header img
Agus saat membuat rekaman hoax/ Doc: Tangkapan layar

KEPULAUAN ANAMBAS, iNewsBelu.id - Seorang supir truk membuat video hoax terhadap dua oknum polisi yang diduga melakukan pungli di Pelabuhan Roro Palmatak, Kepulauan Anambas. Padahal kedua oknum polisi tersebut sedang bertugas untuk memeriksa barang yang dibawa supir dan kelengkapan dokumen penyebrangan.

Supir truk yang diketahui bernama Agus itu mengaku sakit hati dan kesal karena polisi telah memeriksa dokumen dan barangnya. Bahkan dia rela mengeluarkan uang agar video hoax yang dibuatnya bisa meyakinkan masyarakat.

"Saya merekam karena panik, gondok, dan sakit hati terhadap oknum polisi. Tidak ada terjadi pungli, justru uang yang dikeluarkan dan diletak ke atas meja sengaja agar terbangun opini," kata Agus, Jumat (26/8/2022).

Sebelumnya, dua anggota Polsek Palmatak memeriksa kelengkapan surat atau dokumen milik Agus saat hendak menyebrang ke Pelabuhan Roro Tanjung Uban, Bintan pada Senin (15/08/2022). Saat diperiksa, dia mengaku telah membawa barang kelontongan milik masyarakat.

Setelah dilakukan pemeriksaan, supir truck tersebut membawa besi bekas. Rencananya, besi tersebut akan dibawa ke Tanjungpinang.

"Saya menyatakan video viral atas pungli di Pos Pelabuhan Roro Palmatak yang dilakukan oleh 2 oknum polisi itu tidak benar. Mereka tidak ada minta uang," ujarnya.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Syafrudin Semidang Sakti menjelaskan, video hoax tersebut tidak menunjukkan adanya tindakan pungli. Bahkan pihaknya telah memerintahkan Propam untuk memeriksa dua oknum polisi agar mendapat penjelasan secara jelas.

"Video tersebut tidak ada menunjukkan pungli, justru anggota menolaknya. Uang yang dikeluarkan perekam itu sebagai motif. Supir itu ambil lagi uangnya," kata AKBP Syafrudin Semidang Sakti.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut