get app
inews
Aa Read Next : Dampak Serangan Iran ke Israel Harga Minyak Mentah Diprediksi Tembus 100 Dolar AS per Barel

UEA Ingin Pulihkan Hubungan dengan Iran, Tempatkan Lagi Dubes di Teheran

Senin, 22 Agustus 2022 | 07:45 WIB
header img
Bendera Iran (ilustrasi). (Foto: Reuters)

ABU DHABI, iNews.id – Uni Emirat Arab (UEA) berencana untuk memulihkan lagi hubugan diplomatik dengan Iran. Untuk itu, Duta Besar UEA untuk Iran, Saif Mohammed al-Zaabi, akan kembali ke Teheran dalam beberapa hari mendatang.    

Kementerian Luar Negeri UEA menyatakan, langkah tersebut sejalan dengan upaya negara itu untuk memperkuat hubungan dengan Iran, yang bertujuan untuk mencapai kepentingan bersama kedua negara dan kawasan yang lebih luas.

UEA menurunkan hubungannya dengan Iran setelah Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Teheran pada Januari 2016. Langkah itu menyusul penyerbuan kedutaan Saudi di Teheran oleh pengunjuk rasa Iran, setelah Riyadh mengeksekusi mati seorang ulama Syiah terkemuka. 

Setelah bertahun-tahun permusuhan di berbagai sisi persaingan geopolitik, UEA mulai terlibat kembali dengan Teheran pada 2019. Ini menyusul berbagai serangan yang terjadi di perairan Teluk dan kawasan energi Arab Saudi di tengah meningkatnya ketegangan setelah AS keluar dari pakta nuklir kekuatan global dengan Iran.

T

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut