get app
inews
Aa Read Next : Berhasil Difasilitasi Arab Saudi, 10 Orang Asing yang Ditangkap di Ukraina di Bebaskan Rusia

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Imigrasi Kabupaten Belu Gelar Rapat Koordinasi lintas Sektor

Kamis, 11 November 2021 | 15:56 WIB
header img
Peningkatan pengawasan orang asing di masa adaptasi baru di wilayah perbatasan RI-RDTL Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua melakukan rapat koordinasi lintas pimpinan di Atambua, Kamis(11/11/2021).

ATAMBUA, iNews.id- Peningkatan pengawasan orang asing di masa adaptasi baru di wilayah perbatasan RI-RDTL 
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua melakukan rapat koordinasi lintas pimpinan di Atambua, Kamis(11/11/2021).

 Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Belu kali ini membahas secara khusus penanganan perlintasan ilegal di wilayah perbatasan Kabupaten Belu.


Kepala Kantor Imigrasi Atambua K.A Halim dalam sambutannya  mengajak seluruh anggota TIMPORA untuk melakukan pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi terutama di wilayah Kabupaten Belu yang merupakan wilayah strategis karena berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. 

" Untuk semua anggota Timpora agar melakukan tugas dan fungsi masing-masing instansi terutama di wilayah Kabupaten Belu yang merupakan wilayah strategis karena berbatasan langsung dengan negara Timor Leste," ujar Halim.

Untuk tercapainya keberhasilan ini maka perlu adanya komitmen bersama untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui para Camat terkait dengan peraturan terutama yang berkaitan dengan orang asing sepanjang wilayah 
perbatasan.

" Untuk para camat kita harapkan bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayahnya masing - masing sehingga apa yang kita rencanakan bersama ini bisa tercapai,"ungkapnya.

Halim juga menjelaskan untuk Timpora sendiri sudah dibentuk sejak tahun 2019 lalu dengan melibatkan seluruh unsur pimpinan yang menjalankan tugas di sepanjang wilayah perbatasan. 

Selian itu Kepala BNPP Mota'ain Engelbertus Klau menyampaikan akan selalu memberikan kemudahan dalam pelayanan pengelolaan perbatasan terutama perlintasan orang masuk dan keluar serta juga mengupayakan ekonomi di wilayah perbatasan sesuai dengan amanat Bapak Presiden RI.

" Kita sebagai Badan  

Nasional Pengelola Perbatasan akan selalu memberikan kemudahan dalam pelayanan terutama perlintasan orang yang datang maupun pergi melalui Pos Lintas Batas Motaain sesuai dengan amanat bapak Presiden Joko Widodo," ujar Engel.

Selain itu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Marciana Jone ketika di hubungi iNews mengatakan sangat berterimakasih kepada kepala kantor imigrasi Atambua yang sudah berinisiatif membentuk Tim pengawasan orang asing dengan melibatkan seluruh unsur pimpinan di wilayah Kabupaten Belu, baik itu pemerintah daerah,TNI,Polri serta intansi lainya yang bertugas diwilayah perbatasan ini.

" Saya berharap semoga apa yang sudah dicangankan bersama ini dpat dijalankan dengan baik sehingga dapat tercapai apa yang sudah direncanakan bersama demi menjaga dan melindungi masyarakat," ungkap Marciana.

Dirinya juga berpesan secara khusus kepada seluruh pegawai Imigrasi Atambua agar tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan amanat dan kepercayaan yang sudah diberikan, tetap solid dan terus membangun komunikasi yang baik dengan selurus aparat yang bertugas diwilayah perbatasan, hal ini dilakukan guna selalu terciptanya kerukunan lintas sektor.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut