get app
inews
Aa Read Next : Serangan di Konser Musik Rusia, Korban Tewas Mencapai 60 Orang

Miris! 13 Juta Orang Ukraina Telantar akibat Agresi Militer Rusia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 05:26 WIB
header img
Seorang warga Kota Popasna, Ukraina, mendatangi rumahnya yang hancur akibat Perang Rusia-Ukraina, Juli lalu. (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Sekitar 13 juta warga Ukraina telantar akibat agresi militer Rusia di negara itu sejak 24 Februari lalu. Mereka ada yang mengungsi di dalam negeri, ada pula yang lari ke luar negeri. 

Kantor berita UkrainaNOW pada Rabu (10/8/2022) melaporkan, lebih dari 6,6 juta orang Ukraina, atau sekitar 15 persen dari total populasi negara itu, telah mengungsi di dalam negeri sejak awal operasi militer Rusia pada 24 Februari lalu. Sementara itu, ada lebih dari 6,4 juta warga Ukraina yang melarikan diri dari negeri mereka dan tidak kembali lagi.

Adapun jumlah warga Ukraina yang pulang dari luar negeri atau bagian lain negara itu telah melampaui 5,5 juta orang, menurut media tersebut. Data tersebut didasarkan pada laporan yang dihimpun Organisasi Migrasi Internasional (IOM), survei terhadap populasi umum, serta pernyataan Kementerian Dalam Negeri Ukraina. 

Pada Juli lalu, Menteri Sekretaris Kabinet Ukraina, Oleh Nemchinov menuturkan, negaranya berencana untuk melaksanakan sensus penduduk tradisional pada 2023. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut