Logo Network
Network

733 KK Terdampak, Banjir Masih Menggenangi Wilayah Katingan

Ari Sandita Murti ,Sindonews
.
Senin, 08 Agustus 2022 | 07:50 WIB
733 KK Terdampak, Banjir Masih Menggenangi Wilayah Katingan
Banjir di Katingan. (Foto: Dok Antara)

JAKARTA - Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan, banjir yang terjadi sejak Jumat (5/8/2022) masih menggenangi sejumlah desa di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Peristiwa itu berlangsung setelah hujan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu Sungai Samba dan Sungai Katingan hingga debir air sungai meluapsekitar pukul 09.38 WIB.
"Sebanyak 733 KK terdampak banjir tersebut. Sementara itu, 419 rumah terendam, dan fasilitas publik terdampak, seperti fasilitas pendidikan 3 unit, perpustakaan 1 unit, sarana kesehatan 2 unit, tempat ibadah 5 unit. Tinggi muka air terpantau antara 20 hingga 70 cm," ujrnya melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 7 Agustus semalam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan menginformasikan genangan yang terjadi pada sejumlah desa di tiga kecamatan mengganggu aktivitas warga. BPBD memantau kegiatan masyarakat mengalami kelumpuhan pada hari ini, Minggu (7/8/2022). Menurut pantauan BPBD, banjir berpotensi meluas hingga wilayah hilir Kabupaten katingan.  

"Sejumlah desa terdampak banjir di wilayah tiga kecamatan, Kabupaten Katingan, yakni Desa Tumbang Habangoi, Nusa Kutau, Batu Tukan, dan Batu Badak di Kecamatan Petak Malai. Selanjutnya, Desa Tumbang Kaman, Tumbang Labehu, dan Tumbang Manggu di Kecamatan Sanaman Mantikei. Sedangkan Desa Samba Bakumpai di Kecamatan Katingan Tengah,” ucap Muhari.

Dia menerangkan, merespons kejadian banjir tersebut, BPBD Kabupaten Katingan telah berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan terdampak. Personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, SAR, Tagana dan relawan bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk.

"Di samping itu, Bupati Katingan akan menetapkan status tanggap darurat bencana banjir, terhitung pada 6 hingga 19 Agustus 2022, meskipun masih dalam proses administrasi," tuturnya.

BNPB, kata dia, mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga. Upaya pemerintah daerah saat ini harus difokuskan pada prioritas penanganan darurat, misalnya membantu logistik dan menjaga kondisi kesehatan kelompok rentan, dan mengidentifikasi wilayah aman untuk tempat evakuasi sementara.

"Kondisi genangan yang masih terjadi diharapkan dapat segera surut. Prakiraan cuaca dua hari ke depan di tiga kecamatan terdampak berpeluang berawan hingga cerah berawan," terangnya.

Dia menjelaskan, dari analisis kajian inaRISK, sebanyak 13 kecamatan merupakah wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Dari sejumlah kecamatan tersebut, tiga kecamatan yang saat ini terdampak merupakan wilayah dengan potensi bahaya tersebut.

Follow Berita iNews Belu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini